Ceritakan Salah Satu Kegiatan Bermain yang Pernah Kamu Lakukan

Sekarang, coba ceritakan salah satu kegiatan bermain yang pernah kamu lakukan! Perhatikan contoh berikut! Pembahasan kunci jawaban tema 8 kelas 2 halaman 15, tepatnya pada materi pembelajaran 2 subtema 1 Aturan Keselamatan di Rumah, buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2017.

Ceritakan Salah Satu Kegiatan Bermain yang Pernah Kamu Lakukan

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal tentang Tuliskan contoh kegiatan bermain yang pernah kamu lakukan yang menunjukkan persatuan! Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Ayo Membaca

Aturan Bermain Menirukan Gerakan Binatang Berjalan di Air

Bermain “Menirukan Gerakan Binatang Berjalan di Air” dilakukan secara berkelompok. Semakin banyak anak, akan semakin seru. Mengingat permainan ini dilakukan di air, setiap anak harus berhati-hati. Permainan ini juga harus dalam pengawasan guru atau orang dewasa.

Awali dengan hom pim pa. Anak-anak yang menang, akan berdiri membentuk lingkaran. Anak yang kalah akan berada di tengah lingkaran.

Anak tersebut akan bernyanyi “ikuti … ikuti … aku …” sambil anak menirukan gaya seekor binatang. Misalnya monyet berjalan. Anak-anak yang lain menirukan berjalan keliling seperti monyet. Setelah berjalan keliling satu putaran, anak yang berada di tengah berteriak menyebutkan nama seorang teman.

Anak yang disebut namanya segera maju. Dia juga bernyanyi “ikuti … ikuti … aku …” sambil memeragakan gerakan jalan seekor binatang. Binatang yang ditirukan tidak boleh sama. Begitu seterusnya. Jika anak yang ditunjuk tidak dapat menirukan gerakan binatang berjalan, anak tersebut akan kalah. Dia akan mendapat hukuman. Hukumannya menyanyi sambil menari.

Ayo Bercerita

Sekarang, coba ceritakan salah satu kegiatan bermain yang pernah kamu lakukan! Perhatikan contoh berikut!

Contoh Cerita:

Aku dan teman-teman suka bermain sepak bola. Kami berbeda agama. Walaupun kami berbeda agama, kami tetap bermain bersama dan kompak. Kami juga saling mendukung dan tidak saling menyalahkan atau mengejek. Dengan sikap itu, kami dapat meraih kemenangan.

Contoh Cerita Pengalamanku :

Saya dan teman-teman suka bermain bentengan. Bentengan, atau disebut juga rerebonan di daerah Jawa Barat, merupakan salah satu permainan tradisional asli Indonesia. Aku dan teman-teman berbeda agama, namun kami tetap bermain bersama dan kompak. Kami tidak membedakan teman berdasarkan agama. Kami juga saling membantu, mendukung, dan tidak saling menyalahkan atau mengejek. Dengan sikap itu, kami dapat bermain dengan gembira dan dapat meraih kemenangan.

Baca juga pembahasan soal halaman selanjutnya berikut ini:

Ayo Membaca

Menceritakan pengalaman juga dapat dilakukan secara tertulis. Bacalah pengalaman Udin berikut dengan lafal dan intonasi yang tepat!

Bermain Menirukan Gerakan Binatang Berjalan di Air

Aku, Edo, Beni, Siti, Dayu, Meli, dan Lani bermain menirukan gerakan binatang berjalan di air. Kami bermain di kolam renang di rumah Beni. Sebelum bermain, kami membersihkan kolam renang dari lumut terlebih dahulu. Kebersihan air kolam renang pun perlu diperhatikan. Kolam renang yang bersih, lebih aman dan nyaman digunakan untuk bermain.

Bermain menirukan gerakan binatang dimulai. Kami mulai bermain dengan hom pim pa. Teman-teman membentuk lingkaran. Beni yang pertama mendapat giliran berada di tengah lingkaran. Bermain menirukan gerakan binatang berjalan seru. Semua teman bermain dengan rukun. Anak yang mendapat giliran di tengah bermain dengan sportif. Sikap sportif dalam bermain akan membuat suasana menyenangkan.

Apa isi teks yang kamu baca di atas?
Apa kesimpulanmu terhadap isi teks?

Jawaban, buka disini: Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 2 Halaman 16

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 8 kelas 2 SD dan MI di buku tematik siswa halaman 15. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Kerjakan juga soal lain pada materi pembelajaran 2 subtema 1 Aturan Keselamatan di Rumah. Terimakasih, selamat belajar!