Ceritakan Setiap Tahapan Daur Hidup Kupu-Kupu | Soal Kelas 3 SD

Ceritakan setiap tahapan daur hidup kupu-kupu menggunakan kalimatmu sendiri. Salah satu soal pertanyaan pada materi pembelajaran 4 tema 1 subtema 3 pertumbuhan hewan kelas 3 SD/MI di buku paket tematik halaman 125-126.

Amati gambar berikut ini!

Ceritakan Setiap Tahapan Daur Hidup Kupu-Kupu

Gambar di atas menunjukkan daur hidup kupukupu. Setelah beberapa hari, telur kupu-kupu menetas menjadi ulat. Ulat memakan daundaunan sehingga tubuhnya menjadi besar. Ulat mencari tempat untuk berdiam diri dan membentuk kepompong. Setelah itu, tubuh ulat berubah menjadi kupu-kupu. Semua mahluk hidup memiliki daur hidup. Betapa sempurnanya ciptaan Tuhan.

Ceritakan setiap tahapan daur hidup kupu-kupu menggunakan kalimatmu sendiri.

1. Tahap pertama telur

Tahap pertama kupu-kupu adalah fase telur. Kupu-kupu berkembang biak dengan cara bertelur dengan meletakkan telurnya pada bagian daun tanaman, biasanya telur diletakkan pada daun tanaman jeruk atau lainnya yang bertujuan sebagai sumber makanan ketika telur menetas.

Telur kupu-kupu berukuran kecil dan biasanya berwarna putih. Telur akan menetas ketika berumur 3 sampai 5 hari kemudian menjadi ulat atau larva. Larva akan mengkonsumsi cangkang telur kosong sebagai makanan pertamanya.

2. Tahap kedua ulat

Tahap  kedua adalah fase ulat atau larva. Telur yang menetas menjadi ulat. Larva akan memakan daun-daunan yang menjadi tempat diletakkan telur sebelumnya. Pertumbuhan ulat cenderung cepat dan sering melakukan pergantian kulit secara alami. Hal tersebut disebut sebagai proses molting.

Ulat bisa berganti kulit 4 sampai 6 kali sebelum akhirnya menjadi kepompong. Ketika ulat mencapai pertumbuhan maksimal, maka ulat akan berhenti makan dan beristirahat sekitar 10 hari, mencari tempat berlindung dan melekatkan diri pada ranting atau daun dengan anyaman benang. Dengan demikian, tahap larva telah memasuki fase prepupa dan akan melakukan pelepasan kulit terakhir kali untuk membentuk pupa.

3. Tahap ketiga kepompong

Tahap ketiga adalah fase kepompong atau pupa. Kepompong merupakan lanjutan dari fase ulat atau larva. Umumnya kepompong memiliki lapisan kulit yang lembut, halus, namun keras dan biasanya berwarna hijau atau cokelat.

Corak pupa menyerupai bentuk kamuflase hewan sesuai dengan lingkungannya. Dari luar, kepompong nampak seperti berdiam diri dan beristirahat, namun di dalamnya sedang terjadi proses pembentukan kupu-kupu. Tahap kepompong berlangsung selama 7 sampai 20 hari.

4. Tahap keempat kupu-kupu

Tahap terakhir proses metamorfosis kupu-kupu adalah kupu-kupu. Kupu-kupu akan keluar dari kepompong setelah proses dalam pupa sempurna. Saat awal keluar dari pupa, sayap kupu-kupu tampak kusut dan kecil serta masih basah karena sebelumnya berada dalam kepompong.

Terdapat cairan hemolymph pada kupu-kupu agar dapat membentangkan sayapnya dan menumbuhkan tubuhnya, kemudian kupu-kupu akan belajar untuk terbang dan hidup di luar kepompong.

Nah itulah penjelasan lengkap empat Tahapan Daur Hidup Kupu-Kupu. Baca penjelasan diatas, kemudian tulis rangkuman menggunakan bahasa sendiri. Semoga bermanfaat, selamat belajar!