Ciri-Ciri Bebek dan Habitatnya | Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6

Ciri-Ciri Hewan Bebek dan Habitatnya | Pembahasan kunci jawaban soal tema 2 Kelas 6 SD di buku tematik halaman 48, tepatnya pada materi pembelajaran 1 subtema 2 Bekerja Sama Mencapai Tujuan. Selain ikan, kalian juga wajib mengetahui habitat ayam, ikan, dan cecak.

Ayo Mengamati!

Setelah belajar tentang sejarah perjuangan mempertahankan kemerdekaan, sekarang kamu akan mempelajari tentang cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat tinggalnya. Apakah kamu pernah mengamati ayam, bebek, ikan, dan cecak?

Apakah kamu mengetahui ciri-ciri hewan tersebut? Apakah kamu juga mengetahui ciri-ciri tempat tinggalnya? Diskusikan jawabanmu secara berpasangan!

Ciri-Ciri Bebek dan Habitatnya Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6

Ciri-Ciri Bebek

  • Memiliki paruh datar.
  • Memiliki kaki yang lebar dengan jari berselaput.
  • Memiliki tulang belakang (vertebrata)
  • Bernafas dengan paru-paru.
  • Berdarah panas.
  • Melakukan reproduksi dengan bertelur (ovipar) dan pembuahan di dalam tubuh (fertilisasi internal)

Habitat Bebek

Dimana tempat tinggal bebek? Pernahkan kalian memlihara bebek? Secara umum habitat bebek yaitu hidup di tempat berair dan berlumpur, seperti kolam, sungai danau dan rawa-rawa.

Penjelasan :

Bebek adalah kelompok burung air dari Famili Anatidae. Famili ini memiliki ciri khas berupa adaptasi yang disesuaikan dengan hidupnya di perairan.

Misalnya, kaki bebek memiliki bentuk lebar dengan selaput di antara jari-jarinya. Bentuk kaki ini merupakan adaptasi agar bebek dapat menggunakan kaki untuk mendayung di permukaan air, berenang di dalam air, dan berjalan di tanah berlumpur yang berair.

Selain itu, bentuk paruh bebek melebar, yang merupakan adaptasi untuk menangkap dan memakan hewan air, seperti ikan dan cacing. Sebagai mana Aves atau hewan jenis burung lain, bebek memiliki ciri berupa 4 kamar atau bagian jantung, yaitu serambi kiri, serambi kanan, bilik kiri dan bilik kanan.

Karena itu, darah kotor dan darah bersih (kaya oksigen) sudah tidak bercampur. Ini menyebabkan burung berdarah panas dan dapat mengatur suhu dalam tubuhnya sendiri.

Burung termasuk bebek memiliki sistem reproduksi dengan bertelur (ovipar). Pembuahan terjadi melalui dengan pembuahan dalam (fertilisasi internal).

Tuhan menciptakan makhluk hidup dengan segala keunikan dan keistimewaannya, tidak terkecuali hewan. Keunikan dan keistimewaan hewan tersebut kita kenal dengan ciri khusus. Ciri khusus pada hewan tersebut mempunyai hubungan yang erat dengan tempat tinggalnya.

Misalnya, ikan memiliki insang untuk bernapas di dalam air, cecak memiliki perekat pada kakinya untuk dapat menempel di dinding, dan bebek memiliki selaput pada kakinya agar dapat berenang di air.

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 2 kelas 6 SD di buku paket tematik halaman 48 tentang ciri-ciri hewan bebek dan habitatnya. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Terimakasih, selamat belajar! Baca juga: