Cobalah Membuat Dua Soal Perkalian Bilangan Enam

Cobalah bersama kelompokmu membuat dua soal perkalian dengan bilangan enam! Minta temanmu menjawab pertanyaanmu! Salah satu soal pada materi pembelajaran 3 tema 1 subtema 3 Pertumbuhan Hewan di buku paket tematik halaman 122.

Pada pembahasan soal sebelumnya, kalian telah menjawab 2 pertanyaan yaitu mengenai jumlah ikan hias Udin dalam 3 ember dan toko ikan hias yang memiliki akuarium berisi ikan koki. Sudahkah kamu mengerjakannya?

Jika, belum. Silahkan kerjakan soal tersebut terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal pertanyaan selanjutnya.

Cobalah Membuat Dua Soal Perkalian Bilangan Enam

Soal : Cobalah bersama kelompokmu membuat dua soal perkalian dengan bilangan enam! Minta temanmu menjawab pertanyaanmu!

Jawaban :

Contoh Soal Perkalian dengan Bilangan 6

1. Dalam seminggu, sebuah produsen roti di Banyumas dapat menghasilkan 320 roti dalam berbagai jenis. Berapa banyak roti yang dihasilkan dalam waktu 6 bulan?

2. Pak Udin merupakan salah satu peternak sapi di Desa Nusantara. Kandang-kandang sapi pak Udin sangat luas dan lebar. Satu kandang Sapi berisi 120 ekor sapi. Berapa jumlah seluruh sapi pada 6 kandang Sapi pak Udin?

3. Pak Budi merupakan salah satu pemilik kos terbanyak di daerah Wisata Bali. Pada satu bangunan rumah, kamar kos milik pak Budi dapat menampung 20 orang. Berapa banyak orang yang dapat ditampung jika Pak Budi memiliki 6 bangunan rumah kost?

Nah itulah contoh 3 soal perkalian dengan bilangan 6. Bagaimana cara menjawab soal-soal tersebut? Untuk menjawabnya, kamu dapat melihat contoh soal dan pembahasan berikut ini :

Soal : Sebuah peternakan ikan hias dapat menghasilkan 120 ekor dalam waktu satu bulan. Berapa banyak ikan hias yang dihasilkan peternakan tersebut dalam waktu dua bulan?

Jawaban:

Masih ingatkah perkalian yang sudah kamu pelajari sebelumnya. Peternakan menghasilkan 120 ekor ikan hias dalam waktu satu bulan. Dalam waktu dua bulan banyak ikan hias yang dihasilkan adalah 120 + 120 = 240 ekor.

Dalam perkalian ditulis 2 × 120 = 240
Berlaku sifat pertukaran 2 × 120 = 120 × 2
120 = 100 + 20

Kalikan masing-masing bilangan dengan 2, lalu jumlahkan.
2 × 100 = 200
2 × 20 = 40
Hasil : 200 + 40 = 240

Demikian pembahasan soal tentang Cobalah bersama kelompokmu membuat dua soal perkalian dengan bilangan enam secara singkat dan mudah dipahami. Semoga bermanfaat. Terimakasih, selamat belajar!