5 Contoh Lagu Bertangga Nada mayor dan Minor | Kelas 5 SD

5 Contoh Lagu Bertangga Nada mayor dan Minor, pembahasan kunci jawaban soal tema 4 kelas 5 SD halaman 13. Tepatnya pada materi pembelajaran 2 subtema 1 Peredaran Darahku Sehat di buku tematik siswa sekolah dasar.

Untuk menjawab soal dengan benar, kalian baca terlebih dahulu materi lengkap dari halaman 11 sampai 19 di buku tematik siswa SD revisi 2017. Simak penjelasan materi singkat berikut!

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 5 SD Halaman 13

Kamu telah memahami pengertian tangga nada mayor dan tangga nada minor. Ciri tangga nada mayor adalah
1. bersemangat,
2. riang gembira,
3. biasanya diawali dan diakhiri dengan nada Do = C,
4. mempunyai pola interval 1–1–½–1–1–1–½ .

Lagu bertangga nada mayor antara lain Maju Tak Gentar, Halo-Halo Bandung, dan Garuda Pancasila. Ciri tangga nada minor adalah
1. kurang bersemangat,
2. bersifat sedih,
3. biasanya diawali dan diakhiri dengan nada La=A.
4. mempunyai pola interval 1, ½, 1, 1, ½, 1, 1.

Kamu telah memahami tangga nada mayor dan tangga nada minor. Kamu juga telah mengetahui ciri-ciri nya. Contoh lagunya juga sudah kamu ketahui. Coba cari dan temukan contoh lagu-lagu lainnya.Tuliskan hasilnya dalam tabel berikut.

Jawaban :

Contoh Lagu Bertangga Nada mayor dan Minor

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 4 kelas 5 SD halaman 13 tentang Contoh Lagu Bertangga Nada mayor dan Minor. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 2 subtema 1 Peredaran Darahku Sehat di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Simak penjelasan soal kunci jawaban soal tema 4 kelas 5 SD halaman 13 14 15 16 17