7 Contoh Olahan Makanan Setengah Jadi dari Ikan dan Daging

Contoh olahan makanan setengah jadi dari ikan, kira-kira apa saja? Jenis-jenis ikan di Indonesia itu jumlahnya sangat beragam, mulai dari ikan air tawar, air laut dan ikan hias. Namun yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat tentu saja adalah iklan air tawar dan laut.

Paling populer tentu ikan gurameh, mas, lele, bandeng, nila, dan masih banyak lagi. Namun dari sekian banyak ikan, mana yang sering diolah menjadi setengah jadi? Makanan setengah jadi merupakan makanan dari bahan mentah yang telah melewati proses pengolahan, namun harus diolah kembali agar bisa dikonsumsi.

Beberapa contoh olahan makanan setengah jadi dari ikan antara lain :

1. Sarden

Contoh Makanan Setengah Jadi dari Ikan

Tentu sudah tidak asing lagi, sarden merupakan makanan setengah jadi yang dapat dengan mudah kita peroleh di warung-warung atau pun toko swalayan di sekitar kita.

Sarden sendiri merupakan olahan setengah jadi dari bahan ikan. Lalu jenis ikannya apa? “Ikan Sarden”, tentunya. Beberapa merk terkenal seperti Sarden ABC dengan berbagai pilihan rasa.

2. Terasi

Contoh kedua yaitu terasi, terasi yang dikonsumsi oleh sebagian besar masyarakat Indonesia kebanyakan dibuat dengan bahan udang, tapi ada juga loh terasi yang dibuat dengan bahan ikan.

3. Ikan Teri

Contoh Olahan Makanan Setengah Jadi dari Bahan Ikan

Contoh olahan setengah jadi dari bahan ikan ketiga yaitu ikan teri. Olahan ikan teri yang dikonsumsi masyarakat tentu telah mengalami proses olahan dari bahan mentah ikan teri segar yang diambil dari laut.

Ikan teri yang diperoleh dari laut kemudian direbus dengan air garam. Usai direbus ikan kemudian dipindahkan ke keranjang bambu. Setelah proses perebusan selesai, langkah selanjutnya dilakukan penjemurah selama 3-4 jam.

Selain ketiga contoh makanan diatas, beberapa olahan lain yang termasuk makanan setengah jadi contohnya seperti :

4. Ikan Asap

5. Ikan Asin

6. Ikan Giling

7. Dendeng Cumi

Itulah contoh olahan makanan setengah jadi dari bahan ikan yang telah mengalami proses produksi dari bahan mentah, yang kemudian haru diolah kembali agar dapat dikonsumsi. Baca juga : makanan setengah jadi dari bahan daging. Terimakasih.

One Comment