Contoh Pelaksanaan Hak dan Kewajiban Secara Seimbang

Tulis contoh pelaksanaan hak dan kewajiban secara seimbang, ceritakan pengalamanmu menggunakan kertas. Pembahasan kunci jawaban soal pada materiĀ pembelajaran 2 tema 2 Selalu Berhemat Energi subtema 2 Manfaat Energi kelas 4 SD/MI di buku paket tematik halaman 61.

Contoh Pelaksanaan Hak dan Kewajiban Secara Seimbang

Pada materi sebelumnya kalian telah mempelajari bagaimana cara pembuatan kertas, beserta manfaat, dan alasan mengapa kita harus menghemat penggunaan kertas serta cara menghematnya.

Ketika kita menghemat kertas, kita ikut menghemat penggunaan energi. Kita juga menghemat pohonpohon di hutan. Kita ikut menjaga bumi kita supaya setiap orang bisa hidup nyaman di bumi.

Menggunakan kertas yang sisinya masih kosong, teliti saat menulis, menggunakan hanya benarbenar ketika dibutuhkan adalah hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk menghematnya.

Soal dan Pembahasannya :

Tulis contoh – contoh pelaksanaan hak dan kewajiban secara seimbang. Ceritakan pengalamanmu menggunakan kertas.

Jawaban :

1. Hak mendapatkan pendidikan yang layak, kewajiban membantu orang tua.
2. Hak mendapatkan kesempatan untuk berkembang di lingkungannya, kewajiban berbuat baik kepada semua orang.
3. Hak mendapatkan uang saku, kewajiban belajar dengan baik.

Sebagai bagian dari anggota masyarakat kita harus melaksanakan hak dan kewajiban kita secara seimbang. Kita berhak menggunakan kertas, tapi orang lain juga berhak untuk hidup di lingkungan yang nyaman. Kewajiban kitalah untuk menghemat kertas.

Salah satu cara lain menghemat kertas adalah menggunakan kertas bekas untuk menjadi media belajar. Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 2 kelas 4 SD di buku paket tematik halaman 61. Semoga bermanfaat dan berguna. Terimakasih, selamat belajar!