Contoh Perkembangbiakan Buatan Pada Tanaman Soal Kelas 3

Sebutkan contoh perkembangbiakan buatan pada tanaman, pembahasan soal kelas 3 SD / MI pada materi pembelajaran 6 tema 1 subtema 4 Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan di buku paket tematik halaman 181.

Perkembangbiakan dapat melalui tunas dan umbi. Beberapa jenis tanaman juga dapat dikembangbiakkan dengan perkembangbiakan buatan. Perkembangbiakan buatan adalah perkembangbiakan tanaman dengan bantuan manusia. Perkembangbiakan buatan di antaranya dengan mencangkok, stek, dan menempel.

Contoh Perkembangbiakan Buatan Pada Tanaman

Mencangkok tanaman adalah cara paling murah dan mudah untuk mengembangbiakkan tanaman. Keuntungan mencangkok adalah tanaman tumbuh lebih cepat dari biasanya. Mutu tanaman biasanya lebih baik dari tanaman induknya.

Kekurangan tanaman hasil cangkokan adalah lebih mudah roboh. Tanaman yang berasal dari perkembangbiakkan dengan biji biasanya kebih kuat. Akar tanaman hasil mencangkok lebih rapuh.

Ayo Menulis!

Jawablah pertanyaan berikut sesuai teks bacaan!

Soal : Sebutkan contoh perkembangbiakan buatan.

Jawaban :

1. Mencangkok : Contoh tumbuhan yang dapat dicangkok adalah tumbuhan dikotil atau biji berkeping dua, di antaranya jeruk, jambu, mangga, rambutan, durian, dan sebagainya

2. Stek : Jenis-jenis stek meliputi stek batang, daun dan akar. Contoh stek batang mawar dan singkong. Contoh stek daun yaitu cocor bebek dan wijaya kusuma. Contoh stek akar sukun dan stek pucuk tanaman teh.

3. Menempel : Perkembanganbiakan buatan menempel disebut juga okulasi. Ada beberapa jenis tumbuhan yang bisa dikembangbiakkan dengan cara okulasi, contohnya seperti pohon alpukat, belimbing, mangga, rambutan, dan kelengkeng.

Demikian pembahasan jawaban soal kelas 3 SD pada pembelajaran 6 tema 1 subtema 4 tentang Contoh Perkembangbiakan Buatan Pada Tanaman. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran keenam berikut ini :

  • Sebutkan salah satu kelebihan mencangkok tanaman
  • Tanaman manakah yang lebih kuat jika ditanam dengan biji atau dicangkok?
  • Apa langkah selanjutnya setelah dahan yang akan dicangkok dikupas bersih?
  • Berapa lama waktu dibutuhkan sebelum tanaman cangkok dipisahkan dari induknya?