Contoh Perubahan Energi Kimia Menjadi Energi Gerak! Tema 6 Kelas 3

Berikan contoh perubahan energi kimia menjadi energi gerak! Saat temanmu memainkan rebana, perubahan energi apa yang terjadi? Pembahasan kunci jawaban tema 6 kelas 3 halaman 68, tepatnya pada materi pembelajaran 2 subtema 2 Perubahan Cuaca di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2018.

Contoh Perubahan Energi Kimia Menjadi Energi Gerak! Tema 6 Kelas 3

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal tentang Contoh Peristiwa Perubahan Energi di Rumah. Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Ayo Mengamati!

Setelah melakukan kegiatan jasmani, badan kita akan terasa lelah. Energi perlu dikembalikan lagi. Istirahat sejenak dan minum air putih dapat menyegarkan kembali tubuh kita.

Perubahan energi bukan hanya terjadi di dalam tubuh manusia. Perubahan energi dapat dilihat pada peralatan yang kita gunakan sehari-hari. Pelajarilah lebih lanjut contoh perubahan energi.

a. Perubahan energi listrik menjadi energi panas

Peristiwa perubahan energi ini dapat terjadi pada seterika listrik. Saat kabel seterika diberi aliran listrik, seketika itu energi listrik berubah menjadi energi panas. Peristiwa yang sama juga terjadi pada kompor listrik dan penanak nasi listrik.

b. Perubahan Energi Listrik Menjadi Energi Gerak

Perubahan energi lainnya adalah perubahan energi listrik menjadi energi gerak. Lihatlah alat-alat berikut. Saat menggunakan peralatan tersebut, terjadi perubahan energi listrik menjadi energi gerak.

c. Perubahan Energi Kimia Menjadi Energi Panas

Contoh perubahan energi kimia menjadi energi panas dapat dilihat pada kompor minyak tanah. Sebelum digunakan kompor diisi dengan minyak tanah terlebih dahulu. Kompor dinyalakan dengan api. Timbullah panas.

Dengan energi panas itu kita dapat memasak nasi, memasak air, menggoreng ikan, dan lain-lain. Energi kimia lainnya adalah gas. Gas dapat digunakan untuk menyalakan kompor. Saat kompor gas menyala terjadi perubahan energi kimia menjadi energi panas.

d. Perubahan Energi Gerak Menjadi Energi Bunyi

Contoh perubahan energi gerak menjadi energi bunyi dapat kita lihat saat seorang pemain drum memainkan alat musik drumnya. Ia menggunakan energi geraknya untuk membunyikan drum. Contoh lainnya yaitu saat kentongan dipukul. Energi gerak pemukul kentongan berubah menjadi energi bunyi.

Ayo Bercerita!

Kalian telah mempelajari informasi tentang perubahan energi. Ceritakan kembali apa yang sudah kalian pelajari kepada teman dan gurumu!

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!

4. Berikan contoh perubahan energi kimia menjadi energi gerak!

Jawab: ontoh perubahan energi kimia menjadi energi gerak adalah saat kita berolah raga. Energi kimia dari bahan makanan digunakan untuk menggerakan anggota badan kita.

5. Saat temanmu memainkan rebana, perubahan energi apa yang terjadi?

Jawab: Pada saat  memainkan rebana terjadi perubahan energi gerak dari tangan menjadi energi bunyi pada rebana.

Kerjakan juga soal nomor 1, 2 dan 3 berikut ini :

1. Perubahan energi apakah yang terjadi pada tubuh kita, jelaskan!
2. Jelaskan contoh perubahan energi listrik menjadi energi panas?
3. Perubahan energi apa yang terjadi saat kita menyalakan kipas angin?

Pembahasan jawaban soal diatas, buka DISINI.

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 6 kelas 3 SD/MI di buku tematik siswa halaman 68. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Kerjakan juga soal lain pada materi pembelajaran 2 subtema 2. Terimakasih, selamat belajar!