7 Contoh Usaha Makanan Unik dan Kreatif, Modal Kecil Untung Besar

Pada kesempatan kali ini, kita akan kupas tuntas mengenai contoh usaha makanan unik dan kreatif yang dibuat dengan modal kecil namun menguntungkan. Contoh usaha kuliner unik serta inovatif dibawah ini beberapa diantaranya sudah diperjualbelikan, namun ada pula yang masih berupa ide perseorangan yang tentunya potensial untuk Anda tekuni serius.

Contoh Usaha Makanan Unik dan Kreatif
Ide Bisnis Kuliner Unik dan Kreatif

Bisnis kuliner berkembang pesat di Indonesia, terutama makanan ringan (cemilan) yang digemari oleh anak sekolahan dan remaja muda seantero negeri. Ini merupakan peluang besar bagi Anda untuk terjun di dunia bisnis. Carilah ide usaha makanan unik dan kreatif agar lebih menarik dalam hal promosi, sehingga mudah bersaing dengan bisnis serupa lainnya.

Selain ide usaha makanan unik dan kreatif, jika anda ingin memulai bisnis kuliner, tentu membutuhkan resep. Lalu bagaimana caranya kita mendapatkan resep yang sempurna? Resep makanan unik dan kreatif bisa anda peroleh langsung dari sumber asal pembuat ide atau mencari referensi di internet, lalu pelajari dan praktekkan.

Contoh Usaha Makanan Unik dan Kreatif

Makanan unik dan kreatif tentu harus memiliki rasa yang enak serta lezat juga, supaya dapat membuat ketagihan lidah pembeli yang mencobanya. Carilah makanan unik dan kreatif yang mudah dibuat untuk usaha Anda. Dengan resep simpel, dan modal yang dikeluarkan tidak terlalu besar, sehingga Anda menang banyak dalam bisnis ini.

Berikut ini ide usaha makanan unik dan kreatif yang bisa menjadi referensi Anda sebelum memulainya :

1. Sosis Kue Gulung Mummy

Usaha Makanan Unik dan Kreatif
Sosis Mummy Gulung

Contoh usaha makanan unik dan kreatif dengan modal kecil pertama adalah Sosis Kue Gulung Mummy, gambarnya bisa dilihat diatas. Dari bentuk dan namanya saja sudah menakutkan ya, tapi jangan salah inilah yang menjadi daya tarik cemilan ini.

Pembuatan Sosis Kue Gulung Mummy sangat mudah. Anda tinggal menyiapkan sosis dan adonan kue yang dipotong panjang. Adonan kue tersebut lalu dililitkan ke sosis yang sudah digoreng, setelah itu mummy sosis dimasukkan kedalam oven sampai matang.

2. Es Krim Pisang, Contoh Usaha Unik dan Kreatif Modal Kecil

Ide usaha makanan unik dan kreatif

Contoh kedua usaha makanan unik dan kreatif yang bisa menjadi alternatif bisnis anda adalah es krim pisang. Seperti yang kita ketahui, pisang merupakan buah yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Keberadaan stok pisang sangat melimpah, hal ini menyebabkan harganya tetap stabil di pasaran. Ini merupakan peluang bagi anda untuk memulai usaha es krim pisang.

Cara membuat es krim pisang sangat mudah, yang perlu anda siapkan antara lain pisang 1 batang, tusuk es krim, coklat batangan, dan freezer. Pertama pisang dipotong menjadi 2 bagian, kemudian tusuk dengan tusuk es krim yang sudah disiapkan. Kedua, masukan pisang yang sudah ditusuk ke dalam freezer hingga membeku.

Ketiga, lelehkan cokelat batangan. Setelah pisang di dalam freezer membeku, masukan pisang tersebut kedalam lelehan cokelat sampai merata tertutup semua. Kemudian tambahkan toping beraneka rasa agar rasanya lebih enak dan menarik bagi pembeli.

3. Steak Tempe

Steak Tempe

Jenis usaha makanan unik dan kreatif yang paling menarik adalah Steak Tempe. Staek pada umumnya adalah makanan dari bahan daging yang dipotong tegak lurus, baik itu daging sapi, ayam atau ikan.

Ide unik steak tempe muncul karena penggunaan bahan daging dirasa mengandung kolesterol yang cukup tinggi. Sedangkan apabila menggunakan bahan utama tempe, tentu tidak kalah lezat dan paling penting adalah menyehatkan.

4. Lumpia Boom, Ide Usaha Makanan Unik dan Kreatif

Lumpia Bom

Dari namanya saja sudah sangat menarik. Lumpia Boom bisa menjadi pilihan usaha makanan unik dan kreatif bagi Anda untuk dijalankan. Perbedaan jenis lumpia ini dengan lumpia biasa adalah pada ukurannya. Lumpia boom memiliki ukuran yang besar, tentu rasanya juga lebih nikmat dan mengenyangkan dari lumpia biasa.

Cara membuatnya pun mudah, selain itu modal yang dikeluarkan juga tidak terlalu besar. Pasti Anda akan menang banyak, cocok untuk pebisnis pemula.

5. Kentang Tornado

Kentang Tornado

Tidak kalah menarik dengan Lumpia Boom. Kentang Tornado merupakan ide usaha makanan unik dan kreatif yang bisa menjadi pilihan Anda. Cemilan lezat ini disebut juga Kentang Ulir atau Kentang Spilar. Cara membuatnya mudah, kentang diiris-iris tipis, lalu ditusuk menggunakan lidi atau tusukan lain yang terbuat dari bambu.

Irisan kentang yang ditusuk kemudian disusun rapi, mirip dengan tornado. Langkah selanjutnya tinggal digoreng, tapi sebelumnya telah dicampuri resep khusus sehingga rasanya berbeda dari yang lain.

6. Keripik Kering dari Buah-buahan

Contoh usaha makanan unik dan kreatif keenam yaitu membuat keripik dari bahan buah-buahan. Keripik merupakan salah satu cemilan wajib bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Adanya ide membuat keripik dari bahan buah adalah sebuah inovasi baru agar lebih menarik minat bagi pembeli.

Jenis keripik dari buah-buahan juga sudah banyak ditemukan di beberapa toko penjual oleh-oleh khas, khususnya di daerah Jawa Timur dan sekitarnya. Ide usaha kreatif ini dapat Anda tiru dan lakukan juga menjadi bisnis yang akan Anda tekuni dengan serius.

Keberadaan bahan dari buah banyak tersedia di pasaran, namun tidak semua buah bisa dijadikan keripik. Setelah menemukan buah yang dirasa tepat dan cocok, tinggal anda mencari resep untuk membuatnya. Setelah jadi, buatlah kemasan se-menarik mungkin agar memiliki nilai jual yang tinggi.

7. Klepon Warna Warni

Contoh ketujuh usaha makanan unik dan kreatif adalah klepon warna warni. Makanan khas pasar tradisional yang sangat dicari oleh masyarakat. Rasanya manis dan kenyal saat dimakan. Kemudian gurih dan nikmat, seolah-olah dibuat dengan bahan zat tertentu yang membuat si pemakan merasa ketagihan.

Kebanyakan klepon berwarna hijau muda, dibalut dengan parutan kelapa. Ide membuat klepon warna warni merupakan salah satu peluang usaha yang bisa Anda coba tekuni. Buatlah warna klepon yang bervariasi, seperti kuning, merah, biru, ungu dan lainnya.

Selain contoh usaha kuliner kreatif yang sudah disebutkan diatas, beberapa ide bisnis inovatif lain yang dapat Anda coba seperti Bento (makanan untuk bekal anak dengan bentuk lucu), Burger Mie, Es Pelangi, Cokelat Stick, Oreo Goreng, Tahu Brintik, Tahu Gejrot, Tahu Bulat, Tahu Pletok, Salad Goreng, Pastel Keong, Pizza Mini, Es Krim Goreang, dan lain sebagainya.

Terimakasih telah membaca artikel dengan judul 7 Contoh Usaha Makanan Unik dan Kreatif dengan Modal Kecil beserta ide inovasi lainnya, semoga bermanfaat & dapat menambahkan ide inspirasi untuk memulai bisnis kuliner yang akan anda jalani. Share artikel ini jika dirasa menarik dan baca juga bacaan bermanfaat lainnya.