3 Contoh Variasi Gerak Dasar Berlari : Gambar dan Penjelasannya

Contoh Variasi Gerak Dasar Berlari – Variasi gerak lari sangat menyenangkan jika dipraktikkan dalam bentuk permainan. Manusia memiliki berbagai kemampuan gerakan di antaranya jalan, lari, lompat, dan lempar. Gerakan tersebut termasuk gerakan dasar atletik. Atletik merupakan cabang olahraga tertua dan induk semua cabang olahraga.

Apa saja variasi gerak dasar berlari? Ada beberapa variasi gerak berlari yang dapat kamu praktikkan. Mari, kita simak materi berikut dengan sungguh-sungguh.

1. Lari Pelan dan Lari Cepat

Lari santai dikenal dengan istilah joging, sedangkan lari cepat dikenal dengan istilah sprint. Kedua jenis lari ini dapat divariasikan. Bagaimana cara melakukan variasi gerak lari pelan (joging) dan lari cepat (sprint)?

Variasi Gerak Dasar Berlari

Dari gambar diatas, kamu dapat menganalisis cara melakukan variasi gerak lari pelan dan lari cepat. Bagaimana langkah-langkahnya? Awalnya, sikap berdiri tegak. Melangkahlah untuk melakukan lari pelan (joging) sejauh 10 m.

Kemudian, lakukan lari cepat dalam jarak tertentu. Saat berlari, gunakan ujung telapak kaki. Ayunkan lengan dengan kedua tangan dikepalkan atau dibuka. Ayunan lengan dilakukan secara santai. Posisi badan miring ke depan dan pandangan ke depan.

Saat berlari, ayunan lengan dan langkah kaki harus terkoordinasi dengan baik. Langkah kaki kiri ke depan diikuti ayunan lengan kiri ke belakang. Sebaliknya, saat kaki kanan melangkah ke depan, ayunan lengan kanan ke belakang.

2. Lari Menyamping dan Lari Berkelok-kelok

Bagaimana cara melakukan gerak lari menyamping dan lari zig-zag? Awalnya, sikap berdiri tegak. Langkahkan kaki kiri ke samping dalam gerakan berlari diikuti ayunan lengan. Lakukan kegiatan lari menyamping dalam jarak tertentu. Selanjutnya, lakukan lari berkelok-kelok melewati rintangan. Lakukan kegiatan ini dengan dengan semangat dan percaya diri.

3. Lari Melompati Rintangan dan Lari Langkah Kuda

Diskusikanlah langkah-langkah variasi gerak lari melompati rintangan dan lari langkah kuda tersebut bersama temanmu. Jelaskan hasil diskusimu kepada guru secara santun. Dalam kegiatan ini, kamu dapat mengawali dengan lari cepat.

Kemudian, lakukan lompatan melewati rintangan. Kegiatan ini dapat divariasikan dengan lari langkah kuda. Bagaimana caranya? langkahkan kaki kanan ke depan. Kaki kiri mendorong tubuh di belakang kaki kanan. Posisi kaki kanan selalu berada di depan kaki kiri.