Dari Teks Pidato Tersebut Tentukanlah Bagian Pembuka Inti dan Penutup

Dari teks pidato tersebut tentukanlah bagian pembuka inti dan penutup berilah tanda di bagian tersebut dengan pensil, pembahasan kunci jawaban tema 7 kelas 6 halaman 120 sampai 121 tepatnya pada materi pembelajaran 3 Subtema 3 Ayo Memimpin di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2018.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal pembelajaran 2 tentang Peta Pikiran Berisi Persiapan Menghadapi Masa Pubertas di buku tematik siswa.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 120 sampai 121

Dari teks pidato tersebut, tentukanlah bagian pembuka, inti, dan penutup. Berilah tanda di bagian tersebut dengan pensil.

Dari teks pidato tersebut tentukanlah bagian pembuka inti dan penutup

Tulislah teks pidatomu di bawah ini!

Jawaban :

Topik
“Bermusyawarah untuk kepentingan bersama”

Salam Pembuka
Assalamualaikum Wr. Wb. Yang terhormat Bapak/Ibu Guru yang saya hormati, juga teman-teman yang saya cintai. Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan pidato dengan topik Bermusyawarah untuk kepentingan bersama.

Pendahuluan
Musyawarah adalah kegiatan membahas suatu masalah dengan tujuan agar mendapatkan solusi. Musyawarah sering juga kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Contoh kecil, di saat kita menentukan waktu belajar kelompok.

Inti
Beberapa manfaat musyawarah antara lain, yang pertama musyawarah melatih untuk menyuarakan pendapat atau ide yang kita miliki. Setiap orang pasti memiliki ide atau gagasan yang dapat diungkapkan dalam memecahkan suatu permasalahan yang sedang dibahas.

Kedua, melalui musyawarah diharapkan masalah dapat segera terpecahkan. Dengan bermusyawarah, akan bisa didapatkan beberapa jalan alternatif dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang menyangkut kepentingan bersama.

Ketiga, musyawarah dapat mengambil keputusan yang memiliki nilai keadilan. Musyawarah merupakan proses dengar pendapat yang nantinya keputusan yang diambil adalah merupakan kesepakatan bersama antar sesama anggota.

Keempat, musyawarah menghasilkan keputusan yang dapat menguntungkan semua pihak. Keputusan yang diambil dalam suatu musyawarah tidak boleh merugikan salah satu pihak atau anggota dalam musyawarah.

Marilah mulai sekarang kita membudayakan musyawarah dalam kehidupan sehari-hari karena melalui musyawarah kepentingan bersama akan tetap terjaga. Musyawarah memiliki kelebihan, salah satu diantaranya adalah keputusan yang diambil merupakan keputusan bersama yang merupakan jalan tengah yang membuat masalah teratasi.

Penutup
Dari pidato yang telah saya sampaikan di atas, maka dapat saya simpulkan tentang musyawarah untuk kepentingan bersama yaitu yang pertama musyawarah dapat melatih menyuarakan ide. Kedua musyawarah dapat memecahkan masalah yang sedang kita hadapi. Ketiga musyawarah dapat menghasilkan keputusan yang menguntungkan semua pihak. Keempat musyawarah menghasilkan keputusan yang dapat menguntungkan semua pihak.

Salam Penutup
Demikian pidato singkat ini saya sampaikan. Mohon maaf apabila ada kata atau kalimat yang kurang jelas. Terima kasih. Wasalamualaikum wr. wb.

Ayo Berdiskusi

Diskusikan jawaban pertanyaan-pertanyaan berikut dengan teman sekelompokmu.

1. Dari teks pidato di atas, apa yang kamu ketahui tentang koperasi?
2. Nilai-nilai Pancasila apa sajakah yang diterapkan oleh para anggota koperasi?

Lihat jawaban soal di atas DISINI

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 7 kelas 6 SD/MI di buku tematik halaman 120 sampai 121 secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 3 subtema 3 Ayo Memimpin di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian: