Di Sebuah Peternakan Terdapat 6 Kandang Domba, Berapa Jumlahnya?

Di sebuah peternakan terdapat 6 kandang domba, jika di setiap kandang terdapat 10 ekor domba, berapa jumlah domba dalam kandang? Tiap kandang sesak dengan domba karena luas kandang tidak besar. Pemilik kandang berniat membuat kandang domba lagi. Sehingga jumlah kandang domba ada 10. Berapa isi domba di tiap kandang?

Pembahasan kunci jawaban soal tema 2 kelas 3 SD di buku paket tematik siswa halaman 103. Tepatnya pada materi pembelajaran 6 subtema 2 Manfaat Hewan bagi Kehidupan Manusia.

Di sebuah peternakan terdapat 6 kandang domba, jika di setiap kandang terdapat 10 ekor domba

Ayo Berlatih!

Saat liburan Beni dan sepupu-sepupunya menginap di rumah nenek. Nenek memiliki banyak binatang peliharaan. Bebek, ayam, dan kambing ada di kandang belakang rumah.

Penduduk desa tempat tinggal nenek, banyak yang memiliki hewan ternak. Beni dan sepupusepupunya senang berjalan-jalan di sekitar desa. Mereka melihat banyak binatang ternak. Mereka sudah mengunjungi peternakan sapi, domba, dan bebek.

Setelah berkunjung ke berbagai peternakan, Beni memiliki beberapa masalah. Ia belum bisa memecahkan masalah-masalah tersebut.

Bantu Beni menyelesaikan permasalahannya, yuk!

1. a. Di sebuah peternakan terdapat 6 kandang domba. Jika di setiap kandang terdapat 10 ekor domba, berapa jumlah domba dalam kandang? Jawaban : 6 x 10 = 60

b. Tiap kandang sesak dengan domba karena luas kandang tidak besar. Pemilik kandang berniat membuat kandang domba lagi. Sehingga jumlah kandang domba ada 10. Berapa isi domba di tiap kandang?

Jawaban : 6
c. 6 x 10 = 10 x 6

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 2 kelas 3 SD di halaman 103. Kerjakan juga soal nomor 2, 3 dan 4 pada materi pembelajaran 6 ini, berikut ini soal dan jawabannya :

2. Di peternakan sapi terdapat 9 kandang. Tiap kandang berisi 8 sapi, berapa jumlah sapi di peternakan tersebut? Ternyata 1 kandang sapi rusak. Kandang sapi yang bisa digunakan tinggal 8. Berapa jumlah sapi dalam tiap kandang? jawaban, buka DISINI.

3. Paman Beni beternak burung merpati. Ia memiliki 10 kandang burung. Paman Beni menempatkan 8 ekor burung pada tiap kandang. Berapa jumlah burung merpati yang dimiliki paman Beni? ua kandang rusak sehingga burung merpati ditempatkan pada kandang-kandang yang lain. Berapa jumlah burung merpati di tiap kandang sekarang? jawaban, buka DISINI.

4. Nenek Udin bisa membuat telur asin. Hari ini telur asinnya sudah jadi. Ia ingin membagikannya kepada semua cucunya. Cucu nenek Udin ada 6. Jika tiap cucu mendapat 4 telur asin, berapa jumlah telur asin yang dibagikan? Ada 2 cucu nenek tidak suka telur asin. Nenek membagikan telur asin mereka sama banyak kepada cucu-cucu yang lain. Berapa telur asin yang didapat tiap cucu nenek yang suka telur asin? jawaban, buka DISINI.