Diskusikan Apa yang Dapat Dilakukan untuk Menghemat Penggunaan Listrik

Diskusikan bersama kelompokmu, apa yang dapat dilakukan untuk menghemat penggunaan listrik? Sampaikan hasilnya di depan teman-teman! Pembahasan kunci jawaban tema 6 kelas 3 halaman 159. Tepatnya pada materi pembelajaran 1 subtema 4 Penghematan Energi di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2018.

Pembahasan soal tentang menghemat penggunaan listrik kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya tentang mengapa menanam pohon termasuk kegiatan menghemat energi. Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Ayo Membaca!

Menghemat Penggunaan Listrik

Diskusikan Apa yang Dapat Dilakukan untuk Menghemat Penggunaan Listrik

Rumah Dayu sangat asri dan bersih. Banyak tanaman di halaman rumahnya. Setiap sore hari Dayu dan keluarga menyirami tanaman. Pagi hari Dayu dan keluarga membersihkan rumah. Semua jendela dibuka. Agar sinar matahari dapat masuk ke dalam rumah.

Pepohonan di rumah Dayu sangat subur dan rimbun. Pepohonan membuat teduh lingkungan di sekitarnya. Pepohonan membuat udara di sekitarnya bersih.

Jendela dan lubang udara di rumah Dayu banyak. Jendela dan lubang udara berguna untuk keluar masuknya udara. Selain itu, rumah Dayu menjadi terang pada pagi dan siang hari. Sinar matahari dapat masuk ke dalam rumah melalui jendela dan lubang udara.

Udara di dalam rumah selalu terjaga kebersihannya. Akhirnya lingkungan menjadi sejuk. Udara yang terjaga kebersihannya membuat lingkungan sehat.

Rumah Dayu tidak memerlukan pendingin ruangan. Dengan demikian, Dayu dan keluarga ikut menjaga ketersediaan energi. Dayu dan keluarga menghemat penggunaan energi listrik. Selain itu, biaya listrik menjadi murah.

Ayo Berdiskusi!

Diskusikan bersama kelompokmu! Apa yang dapat dilakukan untuk menghemat penggunaan listrik?Sampaikan hasilnya di depan teman-teman!

Beberapa cara menghemat energi listrik antara lain sebagai berikut :

  1. Menggunakan alat-alat listrik yang hemat energi
  2. Membuka jendela pada siang hari dan tidak menyalakan lampu pada siang hari.
  3. Menyalakan peralatan listrik hanya saat digunakan saja (mengurangi waktu pemakaian).
  4. Mengganti lampu pijar dengan lampu neon ( lampu neon lebih hemat listrik)
  5. Menanam pohon di sekitar rumah supaya sejuk sehingga kita tidak perlu menggunakan penyejuk ruangan.
  6. Menggunakan matahari untuk mengeringkan cucian sehingga mengurangi penggunaan mesin cuci.
  7. Tidak membiarkan alat-alat listrik menyala jika tidak dipakai.
  8. Jika menggunakan pompa air otomatis, lengkapilah dengan tangki penampung air.

Sore hari angin bertiup lebih kencang. Dayu senang sekali bermain kincir angin buatannya. Dayu bermain di depan jendela kamarnya. Angin kencang membuat kincir angin berputar lebih kencang. Mainan kincir angin tidak memerlukan listrik. Dayu menghemat penggunaan listrik.

Kerjakan juga soal selanjutanya dibawah ini :

Hitung perkirakan luas gambar berikut! Gunakan alat ukur tidak baku!

Jawaban, buka disini: Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 Halaman 159

Demikian pembahasan secara singkat kunci jawaban soal kelas 3 SD/MI di buku tematik siswa halaman 159. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Kerjakan juga soal lain pada materi pembelajaran 1 subtema 4 Penghematan Energi. Terimakasih, selamat belajar!