Faktor-faktor Apa yang Menyebabkan Persediaan Air Bersih Berkurang

Faktor-faktor apa yang menyebabkan persediaan air bersih berkurang? pembahasan kunci jawaban tema 8 kelas 5 halaman 106 tepatnya pada materi pembelajaran 2 subtema 3 Usaha Pelestarian Lingkungan di buku tematik siswa sekolah dasar.

Faktor-faktor apa yang menyebabkan persediaan air bersih berkurang

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan dari tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal pada setiap tanggal berapakah diperingati Hari Air Sedunia di buku tematik.

Ayo Membaca

Hari Air Sedunia

Hari air sedunia (world water day) diperingati setiap tanggal 22 Maret. Dengan adanya peringatan hari air sedunia, kita diingatkan bahwa persediaan air bersih semakin berkurang padahal jumlah penduduk semakin bertambah.

Persediaan air bersih semakin berkurang karena cadangan air tanah berkurang. Cadangan air tanah berkurang karena air hujan tidak masuk ke dalam tanah. Sebaliknya, air hujan langsung mengalir ke parit, selokan, lalu ke sungai dan terus ke laut. Air hujan tidak dapat masuk ke dalam tanah karena tidak ada akar-akar pohon yang dapat menahan air di dalam tanah. Banyak pohon di hutan ditebangi. Lahan-lahan hijau berubah menjadi perumahan, perkantoran, dan kawasan industri.

Berkurangnya cadangan air tanah mengakibatkan banyak mata air kering. Sumur-sumur gali pun cepat kering pada musim kemarau. Akibatnya, penduduk di daerah perdesaan kesulitan mendapatkan air bersih untuk keperluan sehari-hari. Hasil panen pun jauh berkurang karena tanaman pangan kekeringan.

Ada beberapa tindakan yang dapat kita lakukan untuk ikut membantu mengurangi krisis air bersih sebagai berikut.

1. Menghemat penggunaan air.
2. Membuat lubang resapan. Lubang resapan berguna untuk menampung air hujan supaya terserap ke dalam tanah.
3. Menanam pohon supaya akar-akar pohon dapat menahan air di dalam tanah.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 106

Ayo Berdiskusi

Faktor-faktor apa yang menyebabkan persediaan air bersih berkurang?

Jawaban : Faktor-faktornya yaitu,

1. Banyak pohon ditebangi, sehingga tidak ada akar pohon yang dapat menahan air di dalam tanah.
2.  Cadangan air tanah berkurang, karena air hujan terus mengalir di permukaan tanah dan tidak masuk ke dalam tanah.
3.  Lahan-lahan hijau berubah menjadi kawasan permukiman dan industri.

Apa akibat kekurangan air bersih?
Upaya apa yang dapat dilakukan untuk mengurangi krisis air bersih?

Lihat jawaban soal di atas DISINI

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 8 kelas 5 SD Halaman 106 secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 2 subtema 3 usaha pelestarian lingkungan di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian: