Faktor Pendukung dan Penghambat Pembangunan Nasional

Informasi mengenai permasalahan Faktor Pendukung dan Penghambat Pembangunan Nasional, pembahasan kunci jawaban tema 7 kelas 5 halaman 161 tepatnya pada materi pembelajaran 1 subtema 3 Peristiwa Mengisi Kemerdekaan.

Faktor Pendukung dan Penghambat Pembangunan Nasional

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan dari tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal Kegiatan untuk mengisi kemerdekaan asal daerah dan kesimpulannya halaman 159  di buku tematik siswa sekolah dasar.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 161

Ayo Berlatih

Pernahkah kamu melihat kegiatan pembangunan yang ada di lingkungan sekolah dan tempat tinggalmu? Apakah yang kamu rasakan? Bagaimana masyarakat sekitarmu menanggapi pembangunan tersebut?

Di masyarakat, terdapat kegiatan-kegiatan yang mendukung pembangunan nasional. Ada juga, kegiatan yang tidak mendukung kegiatan pembangunan nasional, baik pembangunan fisik maupun nonfisik.

Bersama teman-temanmu, carilah informasi mengenai permasalahan berikut.
• Faktor pendukung pembangunan nasional.
• Faktor penghambat pembangunan nasional.

Informasi dapat kamu peroleh dengan melakukan kegiatan-kegiatan berikut.
1. Studi pustaka: mencari informasi melalui buku, surat kabar, majalah, atau artikel di internet.
2. Diskusi: bisa dilakukan dalam diskusi kelompok kecil maupun diskusi kelas.
3. Wawancara: melakukan wawancara kepada orang yang memiliki pengetahuan seperti guru atau sejarawan.

Setelah informasi kamu dapatkan, tuliskan hasilnya pada kolom berikut.

Jawaban :

Faktor Pendukung Pembangun Indonesia

– Sumber Daya Manusia. Penduduk yang besar pada satu sisi dapat memdorong pembangunan karena,pertama,perkembangan itu memungkinkan pertambahan tenaga kerja dari masa kemasa.
– Sumber Daya Alam. Indonesia mempunyai sumber daya alam yang besar di luar Jawa, termasuk minyak mentah, gas alam, timah, tembaga, dan emas.

Faktor Penghambat Pembangunan Indonesia

– Sumber daya manusia. SDM yang berkualitas rendah dan juga keahlian dan kewirausahaan yang rendah menghambat pembangunan.
– Sumber Daya Modal (investasi). Investasi di Indonesia masih rendah padahal modal sangat dibutuhkan manusia untuk mengolah bahan mentah tersebut.
– Teknologi mang masih rendah. Penggunaan teknologi yang rendah menyebabkan ketidakefesien dan produktifitas yang rendah.
– Perkembangan Penduduk. Jumlah penduduk yang besar tapi tidak berkualitas karena tidak disertai pendidikan terjadilah masyarakat yang tidak produktif dapat menjadi beban bagi pembanguan.
– Birokrasi Buruk. Indonesia masih menghadapi masalah besar dalam bidang kemiskinan yang sebagian besar disebabkan oleh korupsi yang merajalela dalam pemerintahan.

Presentasikan hasil pencarianmu bersama teman sekelompokmu di depan kelas dengan percaya diri.

Tuliskanlah kesimpulanmu dari kegiatan tersebut di tempat yang disediakan di bawah ini.

Jawaban : Faktor pendukung pembangunan nasional yaitu sumber daya alam Indonesia yang melimpah serta sumber daya manusia yang besar. Sedangkan faktor penghambat pembangunan nasional meliputi SDM yang berkualitas rendah, investasi di Indonesia masih rendah, teknologi masih rendah, dan masalah kemiskinan.

Lihat juga soal-soal pembelajaran 2 DISINI

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 7 kelas 5 SD halaman 161 tentang Faktor Pendukung dan Penghambat Pembangunan Nasional. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 1 subtema 3 Peristiwa Mengisi Kemerdekaan di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian: