4 Fungsi dan Prinsip Kerajinan Tekstil Beserta Jenis dan Contohnya

Fungsi dan prinsip kerajinan tekstil beserta penjelasan jenis, karakteristik, proses produksi dan contohnya. Kerajinan merupakan bagian dari seni rupa terapan yang diartikan sebagai proses produksi yang melibatkan keterampilan manual dalam membuat benda-benda kebutuhan hidup.

Fungsi kerajinan dirancang untuk tujuan fungsional (kegunaan) serta memiliki nilai keindahan. Produk kerajinan dibuat tentunya memiliki tujuan. Selain untuk menghias dan kegunaan praktis, produk kerajinan tekstil dibuat untuk berbagai tujuan. Di bawah ini diuraikan berbagai tujuan dari produk kerajinan tekstil.

Fungsi dan Prinsip Kerajinan Tekstil

1. Fungsi Penghias

Fungsi dan Prinsip Kerajinan Tekstil

Kerajinan dibuat semata-mata sebagai hiasan pada suatu benda atau sebagai pajangan suatu ruang dan tidak memiliki makna tertentu selain menghias. Contohnya hiasan dinding.

2. Fungsi Benda Pakai

Kerajinan yang dibuat berdasarkan tujuan untuk digunakan sebagai kebutuhan sehari-hari. Contohnya busana, tas, sepatu, aksesoris dan masih banyak lagi.

3. Fungsi Kelengkapan Ritual

Kerajinan yang mengandung simbol-simbol tertentu dan berfungsi sebagai benda magis berkaitan dengan kepercayaan dan spiritual. Contohnya ulos. Kain tenun tersebut yang dikenakan saat upacara pernikahan, pemakaman, dan pesta adat lainnya.

4. Fungsi simbolik

Fungsi simbolik, kerajinan tekstil tradisional selain sebagai hiasan juga berfungsi melambangkan hal tertentu yang berhubungan dengan nilai spiritual. Contohnya tapestri, tenun, dan batik yang dibuat dengan motif simbolik.

Selain itu, kerajinan tekstil yang bertujuan sebagai fungsi hias dan fungsi pakai sama-sama memiliki nilai ekonomis. Kerajinan itu sendiri dapat menambah nilai jual suatu produk. Lihat : Contoh Kerajinan Serat

Perbedaan antara kerajinan teksif fungsi penghias dan fungsi benda pakai. Contohnya seperti sapu tangan yang dominan fungsi pakai, sapu tangan dengan tambahan unsur ornamen, tetap masih dapat digunakan sebagai lap wajah, dan saputangan yang sarat dengan unsur estetik, tidak digunakan, kecuali hanya sebagai hias.

Setelah mengetahui fungsi kerajinan tekstil, lalu apa saja prinsip kerajinan tekstil? Adapun prinsip kerajinan fungsi hias dan fungsi pakai meliputi keunikan bahan kerajinan, keterampilan tangan, unsur estetik, dan unsur hiasan. Selengkapnya : Prinsip Kerajinan Fungsi Hias dan Fungsi Pakai