Gagasan Pokok dan Pendukung Teks Sigap Membantu Sesama

Gagasan Pokok dan Pendukung Teks Sigap Membantu Sesama pada materi pembelajaran 4 tema 1 subtema 3 Bersyukur Atas Keberagaman kelas 4 SD/MI di buku paket tematik halaman 160-162. Untuk mengetahui ide pokok suatu bacaan, kamu wajib membaca seluruh teks bacaan dengan teliti dan cermat.

Bacalah teks berikut ini!

Sigap Membantu Sesama

Malam itu beberapa warga Kampung Babakan berkumpul di pos jaga. Tiba-tiba terlihat seorang bapak tua yang berjalan pelan. Ia memanggul kardus besar di pundaknya. Oh, rupanya Pak Sammy.

Pak Sammy baru pulang dari kampungnya di Maluku. Sudah dua minggu Pak Sammy pulang ke Maluku. Ia harus menghadiri acara adat di sana. Ia menggunakan kapal laut. Perjalanannya membutuhkan waktu dua sampai tiga hari. Tentu Pak Sammy sangat lelah. Apalagi usianya sudah cukup tua.

Pak Encep menawarkan bantuan untuk membawa kardusnya. Sampai di rumah, Pak Sammy mengeluh kepalanya pusing. Pak Encep memanggil warga yang lain untuk membantu.

Datanglah Pak Made, Pak Udin dan Pak Nur. Mereka dengan cepat membantu Pak Sammy. Pak Made dan Pak Encep membersihkan tempat tidur. Pak Udin mengambilkan menghangatkan air untuk membuat teh. Pak Nur membeli makanan.

Setelah makan dan meminum teh hangat Pak Sammy beristirahat. Ia senang warga desa membantunya. Di Kampung ini Pak Sammy merasa memiliki keluarga. Manfaat yang dapat kita ambil dari permainan ini adalah kebersamaan dan kerja sama.

Ayo Berlatih!

Sekarang bekerja samalah dengan gurumu. Gurumu akan membacakan cerita. Tulislah gagasan pokok dan gagasan pendukungnya.

Jawaban Gagasan Pokok dan Pendukung Teks Sigap Membantu Sesama

Paragraf 1

Gagasan Pokok : Malam itu beberapa warga Kampung Babakan berkumpul di pos jaga.
Gagasan Pendukung : Tiba-tiba terlihat seorang bapak tua yang berjalan pelan. Ia memanggul kardus besar di pundaknya. Oh, rupanya Pak Sammy.

Paragraf 2

Gagasan Pokok : Pak Sammy baru pulang dari kampungnya di Maluku.
Gagasan Pendukung : Sudah dua minggu Pak Sammy pulang ke Maluku. Ia harus menghadiri acara adat di sana. Ia menggunakan kapal laut. Perjalanannya membutuhkan waktu dua sampai tiga hari. Tentu Pak Sammy sangat lelah. Apalagi usianya sudah cukup tua.

Paragraf 3

Gagasan Pokok : Pak Encep menawarkan bantuan untuk membawa kardusnya.
Gagasan Pendukung : Sampai di rumah, Pak Sammy mengeluh kepalanya pusing. Pak Encep memanggil warga yang lain untuk membantu.

Paragraf 4

Gagasan Pokok : Datanglah Pak Made, Pak Udin dan Pak Nur.
Gagasan Pendukung : Mereka dengan cepat membantu Pak Sammy. Pak Made dan Pak Encep membersihkan tempat tidur. Pak Udin mengambilkan menghangatkan air untuk membuat teh. Pak Nur membeli makanan.

Paragraf 5

Gagasan Pokok : Setelah makan dan meminum teh hangat Pak Sammy beristirahat.
Gagasan Pendukung : Ia senang warga desa membantunya. Di Kampung ini Pak Sammy merasa memiliki keluarga. Manfaat yang dapat kita ambil dari permainan ini adalah kebersamaan dan kerja sama.

Tulislah gagasan pokok dan gagasan pendukung diatas pada diagram berikut ini :

Gagasan Pokok dan Pendukung Teks Sigap Membantu Sesama

Nah itulah kunci jawaban ide pokok dan kalimat pengembang Teks Sigap Membantu Sesama. Semoga pembahasan diatas bermanfaat dan berguna bagi kalian. Terimakasih, selamat belajar!