Gagasan Pokok dan Pendukung Teks Wedang Jahe Buatan Ibu

Gagasan Pokok dan Pendukung Teks Wedang Jahe Buatan Ibu pada materi pembelajaran 6 tema 1 subtema 3 Bersyukur Atas Keberagaman kelas 4 SD/MI di buku paket tematik halaman 174. Untuk mengetahui ide pokok suatu bacaan, kamu wajib membaca seluruh teks bacaan dengan teliti dan cermat.

Bacalah teks cerita dibawah ini!

Wedang Jahe Buatan Ibu

Siang ini hujan turun deras sekali. Udin berjalan kaki pulang dari sekolah. Udin tidak membawa payung, sehingga tubuhnya basah kuyup. Sampai di rumah Udin segera mengganti pakaiannya. Ibu memasakkan air hangat untuk membasuh badan. Setelah makan siang, Udin mulai merasa kurang sehat. Udin kedinginan. Ibu melihat Udin yang mulai terbaring lemas. Wah, besok ada ulangan matematika. Malam ini Udin harus belajar. Ibu tahu apa yang harus dilakukan agar Udin segera pulih. Ibu membuat Wedang Jahe untuk Udin. Wedang Jahe artinya minuman yang terbuat dari jahe, yaitu minuman khas Jawa Tengah yang memberikan rasa hangat bagi tubuh.

Bahan-bahan Wedang Jahe adalah jahe dan gula pasir atau gula merah. Bisa juga ditambahkan kayu manis dan serai untuk menambahkan rasa dan aroma. Semua bahan direbus hingga mendidih dan harum. Untuk meredakan gejala kurang sehat, Wedang Jahe sebaiknya diminum segera setelah mendidih. Ibu sering membuat Wedang Jahe untuk Udin dan keluarganya. Ketika ada acara di kampung pun Ibu selalu menyajikan Wedang Jahe buatannya.

Tidak sampai satu jam, Wedang Jahe buatan ibu sudah siap. Ibu membawakan segelas ke kamar Udin. Hmm..hangat. Rasa dingin dari tubuh Udin perlahan hilang. Malam itu Udin pun bisa melanjutkan belajar
matematika untuk menghadapi ulangan besok. Minuman tradisional Indonesia memang mengagumkan. Enak dan sehat bagi tubuh.

Ayo Berlatih!

Tentunya kamu masih ingat cerita tentang Sikap Membantu Bersama. Apakah kamu masih ingat gagasan pokok tentang cerita tersebut? Diskusikan hal tersebut secara berpasangan dengan temanmu.

Sekarang dengarkan gurumu membacakan kembali cerita tersebut. Buatlah ringkasan dari teks lisan tentang Wedang Jahe tersebut pada bagan berikut dengan menuliskan kembali terlebih dahulu gagasan pokok dan gagasan pendukung.

Gagasan Pokok dan Pendukung Teks Wedang Jahe Buatan Ibu

Gagasan Pokok dan Pendukung Teks Wedang Jahe Buatan Ibu

Paragraf 1

Gagasan Pokok : Wedang Jahe artinya minuman yang terbuat dari jahe, yaitu minuman khas Jawa Tengah yang memberikan rasa hangat bagi tubuh.
Gagasan Pendukung : Udin kehujanan saat pulang dari sekolah, ia kemudian merasa kurang sehat dan kedinginan. Ibu membuatkan wedang jahe untuk Udin agar segera pulih.

Paragraf 2

Gagasan Pokok : Bahan-bahan Wedang Jahe adalah jahe dan gula pasir atau gula merah.
Gagasan Pendukung : Bahan tambahan berupa kayu manis dan serai untuk menambahkan rasa dan aroma. Semua bahan direbus hingga mendidih dan harum. Untuk meredakan gejala kurang sehat, Wedang Jahe sebaiknya diminum segera setelah mendidih.

Paragraf 3

Gagasan Pokok : Tidak sampai satu jam, Wedang Jahe buatan ibu sudah siap.
Gagasan Pendukung : Udin meminum wedang jahe buatan ibu. Rasa dingin dari tubuh udin perlahan hilang. Udin bisa tetap belajar matematika untuk ulangan besok.

Nah itulah kunci jawaban ide pokok dan kalimat pengembang Teks Wedang Jahe Buatan Ibu. Semoga pembahasan diatas bermanfaat dan berguna bagi kalian. Terimakasih, selamat belajar!