Gagasan Utama Bacaan Banjir Bukan Sekadar Bencana Alam

Gagasan utama dan informasi penting dalam setiap paragraf bacaan Banjir Bukan Sekadar Bencana Alam, pembahasan kunci jawaban tema 8 kelas 6 halaman 57 tepatnya pada materi pembelajaran 1 Subtema 2 Bumiku dan Musimnya di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2018.

Gagasan Utama Bacaan Banjir Bukan Sekadar Bencana Alam

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal-soal pembelajaran 6 subtema 1 di buku tematik siswa.

Ayo Membaca

Banjir Bukan Sekadar Bencana Alam

Memasuki musim hujan, terjadi peningkatan curah hujan di beberapa wilayah di Indonesia. Tidak dapat dipungkiri banjir pun melanda di berbagai tempat. Berbagai faktor penyebab banjir berulang dari tahun ke tahun. Rendahnya kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan, penebangan liar, pembangunan permukiman tanpa mengindahkan topografi wilayah merupakan penyebab bencana tersebut. Pendangkalan dan penyempitan badan sungai membuat sungai meluap. Hal ini dapat disebabkan oleh faktor alam. Namun, ada pula ulah manusia yang mempercepat terjadinya hal ini. Menjamurnya rumah di bantaran sungai, misalnya. Permasalahan ini sering terjadi di kota yang berpenduduk padat.

Lihat bacaan secara lengkap di buku tematik.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 57

Presentasikan di depan kelas, gagasan utama dan informasi penting dalam setiap paragraf. Sebelum presentasi, tuliskan terlebih dahulu gagasan utama dan informasi penting pada tiap paragraf di peta konsep yang disediakan di bawah ini!

Jawaban :

Paragraf 1
Gagasan utama : Faktor-faktor penyebab banjir.
Informasi penting :
– Musim hujan, curah hujan meningkat
– Rendahnya kesadaran masyarakat
– Pendangkalan dan penyempitan badan sungai

Paragraf 2
Gagasan utama : Permukiman di bantaran Sungai Ciliwung.
Informasi penting :
– Penertiban permukiman liar di bantaran sungai Ciliwung
– Resiko permukiman di bantaran sungai

Paragraf 3
Gagasan utama : Banjir dan longsor akibat pembangunan tidak mengindahkan topografi.
Informasi penting :
– Di Manado, banjir dan longsor akibat pembangunan kota
– Banyak bukit dan lereng diubah jadi perumahan

Berdasarkan gagasan utama dan informasi penting yang kamu temukan, buatlah sebuah ringkasan singkat tentang bacaan “Banjir Bukan Sekadar Bencana Alam”.

Lihat jawaban soal di atas DISINI

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 8 kelas 6 SD/MI di buku tematik halaman 57 secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 1 subtema 2 Bumiku dan Musimnya di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian: