Hal-Hal yang Kamu Pahami Bacaan Bahan Konduktor dan Isolator di Sekitar Kita

Tuliskan hal-hal yang kamu pahami dari setiap paragraf pada bacaan Bahan Konduktor dan Isolator di Sekitar Kita dalam sebuah kalimat, pembahasan kunci jawaban tema 6 kelas 5 halaman 179 181 182 186 187 Tepatnya pada materi pembelajaran 5 subtema 3 Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan di buku tematik siswa.

Hal-Hal yang Kamu Pahami Bacaan Bahan Konduktor dan Isolator di Sekitar Kita

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan dari tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal Bagaimana Pengaruh Keberadaan Bolu Meranti Terhadap Pembangunan Sosial di buku tematik siswa.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 179

Ayo Menulis

Pada halaman 178 terdapat bacan Bahan Konduktor dan Isolator di Sekitar Kita.

Berdasarkan bacaan di atas, tuliskan hal-hal yang kamu pahami dari setiap paragraf pada bacaan Bahan Konduktor dan Isolator di Sekitar Kita dalam sebuah kalimat. Kalimat-kalimat tersebut akan mewakili isi dari bacaan yang kamu baca. Tuliskan pada tempat yang telah disediakan.

Jawaban : Tulislah jawaban di bawah ini pada tempat yang sudah kalian buat.

Isi Paragraf 1
Barang-barang sehari-hari banyak yang bersifat konduktor atau isolator, seperti panci dan selimut.

Isi Paragraf 2
Cara kerja selimut adalah dengan terperangkapnya udara dalam selimut, sehingga badan tetap hangat.

Isi Paragraf 3
Panci yang biasa digunakan di dapur terbuat dari bahan aluminium yang merupakan penghantar panas yang baik.

Isi Paragraf 4
Oven/panggang menggunakan prinsip perpindahan panas secara konduksi, biasanya berbentuk tertutup untuk memaksimalkan panas.

Isi Paragraf 5
Mesin memerlukan energi panas dan listrik, sehingga mesin kendaraan terbuat dari bahan yang bersifat konduktor

Isi Paragraf 6
Setrika kuno menggunakan bara arang, sedangkan setrika modern menggunakan listrik sebagai sumber panas. Konduktor setrika lama adalah tembaga, sedang setrika modern dari bahan logam. Isolator setrika lama dari kayu, sedang isolator setrika modern dari plastik.

Buatlah sebuah paragraf untuk menjelaskan isi bacaan yang melibatkan semua isi dalam setiap paragraf! Jangan lupa untuk memperhatikan penggunaan kata-kata baku dan ejaan yang tepat.

Jawaban : Barang-barang sehari-hari banyak yang bersifat konduktor dan isolator, contohnya seperti panci dan selimut. Cara kerja selimut adalah dengan terperangkapnya udara dalam selimut, sehingga badan tetap hangat ketika menggunakan selimut. Sedangkan panci yang biasa digunakan di dapur terbuat dari bahan aluminium yang merupakan penghantar panas yang baik. Contoh lainnya adalah Oven atau pemanggang yang menggunakan prinsip perpindahan panas secara konduksi, biasanya berbentuk tertutup untuk memaksimalkan panas. Contoh lainnya adalah mesin, mesin memerlukan energi panas dan listrik, sehingga mesin kendaraan terbuat dari bahan yang bersifat konduktor. Contoh alat yang menggabungkan sifat konduktor dan isolator dari suatu logam adalah setrika. Setrika kuno menggunakan bara arang, sedangkan setrika modern menggunakan listrik sebagai sumber panas. Konduktor setrika lama adalah tembaga, sedang setrika modern dari bahan logam. Isolator setrika lama dari kayu, sedang isolator setrika modern dari plastik.

Buatlah sebuah paragraf untuk menjelaskan isi bacaan yang melibatkan semua isi dalam setiap paragraf! Jangan lupa untuk memperhatikan penggunaan kata-kata baku dan ejaan yang tepat.

Berdasarkan bacaan di atas, buatlah sebuah diagram bacaan Bahan Konduktor dan Isolator di Sekitar Kita untuk menjelaskan apa yang telah kamu baca. Gunakan beberapa bentuk diagram yang sudah diberikan contoh sebelumnya. Namun, kali ini kamu dapat menambahkan gambar-gambar yang mewakili pokok pikiran pada paragraf bacaan.

Jawaban, buka disini: Diagram Bacaan Bahan Konduktor dan Isolator di Sekitar Kita

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 6 kelas 5 SD halaman 179 secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 5 subtema 3 Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian: