Hasil Pengamatanmu Tentang Ciri-Ciri Pasar yang Tidak Bersih

Hasil pengamatanmu tentang ciri-ciri pasar yang tidak bersih! Pembahasan kunci jawaban tema 4 kelas 2 di halaman 175, tepatnya pada materi pembelajaran 3 subtema 4 Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Umum buku tematik kurikulum 2013.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan dari tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal tentang isi teks Pasar yang Kotor Menjadi Sarang Penyakit. Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan kalian cari jawabannya di kolom pencarian!

Hasil Pengamatanmu Tentang Ciri-Ciri Pasar yang Tidak Bersih

Ayo Membaca! Bacalah teks di bawah ini dengan nyaring!

Pasar yang Kotor Menjadi Sarang
Penyakit

Pasar yang kotor akan menjadi sarang penyakit. Sampah yang dibiarkan berserakan membuat lingkungan kumuh. Ketika hujan turun, tanah akan berlumpur dan becek. Jika lumpur mengenai kulit, sampah akan mengakibatkan gatal-gatal.

Pasar yang kotor tentu ada penyebabnya. Pasar kotor karena kurangnya kesadaran pengguna pasar menjaga kebersihan. Pedagang dan pembeli banyak yang membuang sampah sembarangan. Sudah seharusnya kita peduli kebersihan lingkungan. Hidup bersih itu sehat.

Ayo Mengamati!

Sudah tahukah kamu bagaimana ciri-ciri pasar yang tidak bersih?

Ayo Menulis!

Tuliskan hasil pengamatanmu tentang ciri-ciri pasar yang tidak bersih!

Pasar yang Tidak Bersih

Pasar menjadi kotor, becek, dan berbau apabila tidak dibersihkan. Sampah-sampah dibuang bergitu saja dan dibiarkan berserakan. Plastik kantong juga dibuang ke dalam saluran air. Air pun tergenang, tidak mengalir. Air yang bercampur sampah menimbulkan bau busuk.

Sampah yang dibuang di sembarang tempat bisa menimbulkan penyakit, terjadinya polusi udara dan tanah, serta merusak pandangan dan keindahan. Pengguna pasar harus membuang sampah pada tempatnya. Pasar yang bersih membuat penggunanya merasa nyaman dan dapat menikmati keindahan.

Nah itulah contoh hasil pengamatan tentang pengamatan ciri-ciri pasar yang tidak bersih. Semoga pembahasan kunci jawaban tema 4 kelas 2 halaman 175. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Kerjakan juga soal lain pada materi pembelajaran 3 subtema 4. Terimakasih selamat belajar!