Jawaban Hikmah Dari Pantun di Atas Dari Seram ke Pulau Buru Kelas 5

Cermati apa Hikmah Dari Pantun di Atas Dari Seram ke Pulau Buru, pembahasan kunci jawaban tema 4 kelas 5 halaman 126 127 tepatnya pada materi pembelajaran 5 subtema 3 Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah Manusia di buku tematik siswa sekolah dasar.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan dari tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal Buatlah Diagram Alur Terhadap Penyakit yang Dapat Mengganggu Organ Peredaran Darah Manusia di buku tematik

Hikmah Dari Pantun di Atas Dari Seram ke Pulau Buru

2. Manfaat Emosional
Selain bermanfaat bagi fisikmu, beladiri, juga bermanfaat untuk mengendalikan emosimu. Dalam seni beladiri kamu akan diajarkan cara menghindari dan menghadapi lawan secara efektif dan efisien. Dengan kemampuan tersebut, kamu bisa membela diri dengan melumpuhkan penyerang sementara dan menghindari konflik berkepanjangan. Seni beladiri tidak mengajarkan kamu untuk menghabisi penyerang tanpa ampun.

3. Manfaat Sosial
Dalam seni beladiri kamu akan diajarkan bahwa saat dalam posisi lemah, kamu harus bisa membela diri, sedangkan saat dalam posisi kuat kamu harus bisa menjadi pelindung bagi yang lemah. Misalnya, kamu dapat membela diri dari bullying teman di sekolah. Dalam seni beladiri juga diajarkan sistem kerja sama tim dengan cara latihan bersama. Selain itu, beladiri mengajarkan sikap empati dan berbuat lembut. Misalnya, saat berlatih membanting maka kamu akan dilatih untuk menjaga agar teman berlatih tidak cedera. Dalam beberapa beladiri, konsep ini bahkan dibawa sampai saat berhadapan dengan lawan sesungguhnya. Tujuan beladiri bukan untuk mencederai lawan, melainkan hanya melumpuhkan serangannya dan menyadarkannya.

Selain itu, kamu juga diajari untuk memiliki rasa hormat, tidak hanya kepada guru dan teman seperguruan, tetapi juga kepada lawan. Menghormati teman, guru, dan orang lain termasuk lawan merupakan kewajiban setiap orang. Saling menghormati merupakan sikap terpuji yang harus selalu kamu biasakan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti ditegaskan dalam pantun berikut.

Dari Seram ke Pulau Buru
Dalam kota beli papaya
Anak baik menghormati guru
Berbakti jua kepada orang tua

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 5 SD Halaman 127

Ayo Menulis

Cermati pantun di atas! Apa hikmah yang terkandung dalam pantun di atas? Berdasarkan amanat yang terkandung di dalamnya, termasuk jenis pantun apakah pantun di atas? Buatlah pantun seperti jenis pantun di atas. Tuliskan dalam kolom berikut. Bacakan pantun yang kamu buat dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang benar.

Jawaban : Hikmah yang terkandung dalam pantun di atas adalah kita harus menghormati guru kita yang sudah memberikan ilmu kepada kita dan juga harus menghormati orang tua, serta berbakti kepada guru dan orang tua kita.

Pantun tersebut merupakan jenis pantun nasehat. Berikut contoh pantun nasehat:

Pergi ke pasar membeli papan
Tak lupa juga membeli lilin
Ada PR harus dikerjakan
Agar jadi anak disiplin

Ayo Renungkan

Sudahkah kamu melakukan upaya untuk menjaga kesehatan organ peredaran darah pada tubuhmu? Bagaimanakah upaya yang sudah kamu lakukan? Tuliskan bentuk upaya yang sudah kamu lakukan untuk menjaga kesehatan organ peredaran darah pada tubuhmu!

Jawaban, buka disini: kunci jawaban tema 4 kelas 5 halaman 126 127

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 4 kelas 5 SD halaman 127 tentang Hikmah Dari Pantun di Atas Dari Seram ke Pulau Buru. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 5 subtema 3 Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah Manusia di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat!

One Comment