Hitunglah Keliling Bangun Datar Di Bawah Ini dalam Satuan cm Tema 7 Kelas 3

Hitunglah keliling bangun datar di bawah ini dalam satuan cm! Pembahasan kunci jawaban tema 7 kelas 3 halaman 167, tepatnya pada materi pembelajaran 6 subtema 3 Perkembangan Teknologi Komunikasi di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2018.

Pembahasan kali merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal tentang Tuliskan kembali akibat yang baik (positif) dan tidak baik (negatif) dari perbedaan sikap setiap orang pada keranjang berikut! Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Ayo Mengamati

Bang Andi dan Aito sangat senang berjalan-jalan bersama Beni dan teman-temannya. Beni dan teman teman juga senang karena memperoleh ilmu yang banyak dari Bang Andi dan Aito.

Bang Andi dan Aito kuliah di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Bang Andi menunjukkan berbagai alat yang dapat digunakan untuk berkomunikasi. Peralatan tersebut dinamakan gawai.

Pada umumnya gawai berbentuk persegi. Di sekeliling layarnya selalu ada bingkai. Bingkai tersebut sama seperti keliling pada suatu bangun datar.

Kita dapat mengukur keliling suatu bangun datar. Salah satu alat ukur yang dapat digunakan adalah salah satu alat ukur yang digunakan adalah menggunakan satuan panjang.

Ayo Berlatih!

Hitunglah keliling bangun datar di bawah ini!

Jawaban:

Hitunglah Keliling Bangun Datar Di Bawah Ini dalam Satuan cm Tema 7 Kelas 3

1. Keliling bangun adalah 10 cm.
2. Keliling bangun adalah 12 cm.
3. Keliling bangun adalah 12 cm.
4. Keliling bangun adalah 10 cm.
5. Keliling bangun adalah 12 cm.
6. Keliling bangun adalah 16 cm.
7. Keliling bangun adalah 12 cm.
8. Keliling bangun adalah 12 cm.
9. Keliling bangun adalah 16 cm.

Persegi adalah bangun datar yang memiliki sifat:

Memiliki empat sisi yang sama panjang. Dua pasang sisi saling berhadapan dan sejajar. Memiliki empat sudut yang besarnya 90° atau siku – siku. Memiliki dua buah diagonal yang saling berpotongan tegak lurus. Memiliki empat simetri lipat dan empat simetri putar.

Keliling persegi K = 4 × s
Luas persegi L = s × s
s = panjang sisi persegi.

Kegiatan Bersama Orang Tua: Orang tua mengajak siswa berlatih menghitung keliling bangun dalam satuan unit persegi dengan memberi garis berwarna pada lantai rumah (jika ada).

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 7 kelas 3 SD dan MI di buku tematik siswa halaman 167. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Kerjakan juga soal lain pada materi pembelajaran 6 subtema 3 Perkembangan Teknologi Komunikasi. Terimakasih, selamat belajar!