Hubungan Antara Jumlah Bulu Pada Burung Garuda dengan Hari Kemerdekaan Indonesia

Adakah hubungan antara jumlah bulu pada burung garuda dengan hari kemerdekaan Indonesia? Pembahasan kunci jawaban tema 8 kelas 3 SD halaman 29 , tepatnya pada materi pembelajaran 4 subtema 1 Aku Anggota Pramuka di buku tematik siwa kurikulum 2013 revisi 2018.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal tentang Adakah yang tahu hari kemerdekaan Indonesia? Sebutkan! Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Ayo Berlatih

Setiap perlombaan ada yang menang dan ada yang kalah. Bersikaplah santun saat berhasil memenangkan perlombaan. Berlapang dadalah dan tidak menyerah saat mengalami kegagalan.

Bersikap santun sesuai dengan salah satu janji pramuka, yaitu patriot yang sopan dan kesatria. Patriot artinya pecinta atau pembela tanah air. Sopan artinya selalu berperilaku, berkata, dan berpakaian sesuai aturan. Kesatria berarti orang yang gagah dan berani dalam kebenaran.

Pramuka memiliki sepuluh janji yang disebut den Dasa Dharma. Dasa artinya sepuluh, dharma berarti janji. Salah satu janji dalam Dasa Dharma adalah menjadi patriot yang sopan dan kesatria.

Mari berlatih bersikap sopan dan kesatria dalam pertandingan. Praktikan dengan mengikuti adu kecepatan untuk berhitung. Amati lambang Garuda Pancasila berikut ini !

Hubungan Antara Jumlah Bulu Pada Burung Garuda dengan Hari Kemerdekaan Indonesia

Apakah kamu dan teman-teman sudah bersikap patriot yang sopan dan kesatria? Sekarang, perhatikan banyak bulu pada burung Garuda dan hubungannya dengan hari kemerdekaan Indonesia!

Adakah hubungan antara jumlah bulu pada burung garuda dengan hari kemerdekaan Indonesia?

Jawab: Hari kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 1945 dan Jumlah bulu pada burung garuda yaitu 17 bulu pada sayap, 8 bulu pada ekor dan 45 bulu pada leher jadi jumlah bulu pada burung garuda dengan hari kemerdekaan Indonesia saling berhubungan.

Jelaskan arti banyak bulu yang ada pada burung Garuda. Kaitkan dengan hari kemerdekaan Indonesia! Sampaikan pendapatmu kepada teman-teman!

Jawaban: Arti bulu pada Burung Garuda Pancasila adalah melambangkan hari kemerdekaan bangsa Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus Tahun 1945. Jumlah helai bulu pada sejumlah bagian tubuh dari burung Garuda ini mewakili angka-angka yang menjadi waktu berlangsungnya proklamasi kemerdekaan Indonesia yakni 17, 8 dan 1945.

Baca juga pembahasan soal halaman selanjutnya berikut ini:

Sekarang, cobalah bekerja secara berkelompok membuat lambang kelompok. Gambarkan dan berikan penjelasan tentang lambang yang kamu buat!

Beri penjelasan arti dari gambar dan warna yang kalian pilih!

Arti dari lambang kelompok adalah…

Jawaban, buka disini: Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 3 Halaman 31

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 8 kelas 3 SD dan MI di buku tematik siswa halaman 29. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Kerjakan juga soal lain pada materi pembelajaran 4 subtemna 1 Aku Anggota Pramuka. Terimakasih, selamat belajar!