Hubungan Antara Pembilang dan Penyebut Pada Pecahan Senilai

Bagaimana hubungan antara pembilang dan penyebut pada pecahan senilai? Apakah bilangan bulat untuk pembagi dan pengali pada pecahan senilai bisa bilangan 0? Apa kesimpulanmu? Pembahasan kali ini merupakan lanjutan materi sebelumnya, di mana kalian telah mengetahui tentang cara untuk menghemat kertas.

Hubungan Antara Pembilang dan Penyebut Pada Pecahan Senilai

Kali ini kita akan membahas kunci jawaban soal tema 2 kelas 4 SD di buku tematik halaman 65, tepatnya pada pembelajaran 2 subtema 2 tentang Manfaat Energi.

Bagaimana hubungan antara pembilang dan penyebut pada pecahan senilai?

Jawaban : Pecahan senilai artinya pecahan-pecahan yang memiliki nilai sama. Untuk mendapatkan pecahan senilai, kita bisa mengalikan atau membagi pembilang dan penyebutnya dengan angka yang sama.

Untuk menemukan pecahan senilai, kamu bisa mengalikan atau membagi pembilang dan penyebut dengan bilangan yang sama.

Apakah bilangan bulat untuk pembagi dan pengali pada pecahan senilai bisa bilangan 0?

Jawaban : Tidak bisa

Apa kesimpulanmu?

Jawaban : Jika suatu bilangan dikalikan 0 hasilnya adalah 0, sedangkan jika suatu bilangan dibagi 0 hasilnya adalah tak hingga.

Demikian pembahasan soal tema 2 kelas 4 SD di halaman 65. Baca juga soal dan pembahasan lain pada materi pembelajaran 2 subtema 2 tentang Manfaat Energi berikut ini :

1. Tulislah manfaat kertas yang sehari-hari kamu temui.
2. Setujukah kamu dengan cara Budi menggunakan kertas tersebut? Mengapa? Jelaskan alasannya!
3. Mengapa kita harus menghemat penggunaan kertas?
4. Tulislah beberapa cara untuk menghemat kertas!

Silahkan kalian buka pembahasan jawaban pertanyaan-pertanyaan tersebut di kategori kelas 4 SD. Buka DISINI. Terimakasih, semoga pembahasan diatas bermanfaat. Selamat belajar!