Ide Pokok dan Kalimat Pengembang Teks Siput Bukanlah Hewan Lemah

Ide pokok dan kalimat pengembang teks Siput Bukanlah Hewan Lemah, pembelajaran 5 tema 1 subtema 1 organ gerak hewan kelas 5 SD/MI di buku paket halaman 46. Sebelum menentukan gagasan utama masing-masing paragraf, kalian wajib membaca dan memahami teks tersebut.

Siput merupakan hewan avertebrata. Hewan avertebrata merupakan hewan yang tidak memiliki tulang belakang. Nama organ gerak Siput yaitu kaki perut dengan bentuk pipih dan lebar. Fungsi utama kaki perut pada siput adalah untuk bergerak dan berpindah tempat.

Ide Pokok dan Kalimat Pengembang Teks Siput Bukanlah Hewan Lemah

Berdasarkan bacaan teks Siput Bukanlah Hewan Lemah , temukan ide pokok dan kalimat pengembang masing-masing paragraf. Berikut ini jawabannya :

Ide Pokok Paragraf 1 : Siput, menurut sebagian orang dianggap sebagai hewan yang lamban dan menjijikkan.
Kalimat Pengembang Paragraf 1 : Bahkan karena gerakannya yang lamban, tidak jarang orang membanding-bandingkannya dengan kelinci.

Ide Pokok Paragraf 2 : Sebenarnya siput memiliki kelebihan dan keistimewaan.
Kalimat Pengembang Paragraf 2 : Kelebihan dan keistimewaan siput ini merupakan karunia Tuhan yang tidak dimiliki oleh hewan-hewan lain.

Ide Pokok Paragraf 3 : Siput merupakan hewan yang berjasa dalam penguraian serpihan daun-daunan.
Kalimat Pengembang Paragraf 3 : Karena siput memakan daun-daunan dan menjadikannya bagian-bagian yang kecil (serpihan) sehingga mudah untuk diuraikan oleh bakteri pengurai.

Ide Pokok Paragraf 4 : Siput adalah sang pengembara yang mandiri.
Kalimat Pengembang Paragraf 4 : Meskipun siput berjalan lamban, namun siput memiliki stamina yang sangat bagus. Daerah pengembaraan siput pun sangat luas. Pengembaraan siput dimulai sejak siput menetas. Setelah menetas, siput langsung mandiri. Siput tidak lagi terikat dan bergantung pada induknya.

Ide Pokok Paragraf 5 : Siput memiliki pertahanan diri yang baik dalam beradaptasi dan juga dalam mempertahankan diri dari serangan predator.
Kalimat Pengembang Paragraf 5 : Meskipun tubuhnya lunak, namun tubuh siput memiliki lendir. Lendir ini berfungsi sebagai minyak pelumas dan pelindung bagi tubuhnya ketika berjalan di permukaan. Jalan sekasar apa pun dan seterjal apaapun akan mudah dilalui tanpa tubuhnya terluka. Selain itu siput juga dikaruniai Tuhan dengan cangkang. Cangkang ini berfungsi sebagai rumah yang memberikan kenyamanan dan keamanan bagi tubuhnya. Cangkang juga berfungsi sebagai tempat persembunyian ketika ia terancam oleh lingkungan atau predator.

Ide Pokok Paragraf 6 : Siput bukanlah hewan yang lemah.
Kalimat Pengembang Paragraf 6 : Siput adalah hewan istimewa yang memiliki banyak kelebihan.

Nah itulah Ide Pokok dan Kalimat Pengembang Teks Siput Bukanlah Hewan Lemah. Semoga pembahasan diatas dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian. Selamat belajar!

2 Comments