Ide Pokok dari Teks Bacaan Sejarah Komunikasi Adalah? Tema 7 Kelas 3

Ide pokok dari teks bacaan Sejarah Komunikasi di atas adalah? Pembahasan kunci jawaban tema 7 kelas 3 halaman 119, tepatnya pada materi pembelajaran 1 subtema 3 Perkembangan Teknologi Komunikasi di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2018.

Ide Pokok dari Teks Bacaan Sejarah Komunikasi Adalah Tema 7 Kelas 3

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal tentang Tuliskan kalimat utama setiap paragraf di bawah ini teks Sejarah Komunikasi! Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Ayo Membaca

Sore hari, Dayu dan Lani berkumpul di rumah Siti. Saat bermain di teras rumah, Pak Pos datang mengantarkan majalah dan surat untuk Siti. Seminggu yang lalu, Siti memesan majalah anak di sebuah toko dengan bantuan ibu. Ibu memesan menggunakan pesan singkat pada ponselnya.

Saat ini, kita bisa membeli barang tanpa perlu berkunjung ke toko yang menjualnya. Siti mengajak Dayu dan Lani untuk membaca majalah tersebut bersama-sama. Salah satu wacananya tentang sejarah komunikasi. Siti, Dayu, dan Lani tertarik membaca sejarah komunikasi.

Bacalah teks berikut.

Sejarah Komunikasi

Komunikasi adalah cara penyampaian gagasan antarmanusia. Pada awalnya, komunikasi dilakukan secara tatap muka dan pesan disampaikan secara lisan. Namun, kebutuhan untuk untuk menyampakan informasi secara tidak langsung juga sangat diperlukan sehingga ilmu tentang komunikasi semakin berkembang.

Ada bermacam-macam cara penyampaian pesan dari jauh. Suku Indian menggunakan asap sebagai tanda pesan. Di Indonesia, dikenal adanya kentungan. Kentungan digunakan untuk penyampaian tanda bahaya bagi warga. Selain kentungan, gong dapat menjadi pilihan sebagai penyampaian pesan.

Salah satu penyampaian pesan secara tertulis adalah melalui surat. Sebelum adanya kertas, surat ditulis di atas daun lontar. Pada saat mesin cetak telah diciptakan, alat komunikasi berkembang melalui surat kabar atau koran. Setelah surat kabar, media komunikasi, seperti radio dan televisi, mulai berkembang.

Saat ini, ada jaringan internet. Manusia dapat bertukar informasi melalui surat elektronik. Manusia dapat juga bertukar informasi melalui berbagai jejaring sosial. Jejaring sosial dapat menghubungkan ke belahan dunia mana pun.

Soal dan Kunci Jawaban:

Ide pokok suatu bacaan dapat ditemukan jika kita membaca dengan teliti. Ide pokok ditemukan pada kalimat utama tiap paragraf.

Ide pokok adalah gagasan utama dari bacaan. Setelah mengumpulkan kalimat utama dari tiap paragraf, maka dapat diketahui bahwa ide pokok dari teks bacaan di atas adalah ……

Jawab: 

  1. Cara penyampaian gagasan antarmanusia
  2. Cara penyampaian pesan dari jauh
  3. Cara peyampaian pesan secara tertulis
  4. Manfaat Jaringan internet

Baca juga pembahasan soal halaman selanjutnya berikut ini:

Ayo Menulis

Tuliskan kembali kata-kata yang digarisbawahi pada kotak berikut!
Carilah arti kata tersebut dalam kamus! Buatlah kalimat menggunakan kata-kata yang digarisbawahi!

Jawaban: buka DISINI.

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 7 kelas 3 SD dan MI di buku tematik siswa halaman 119 tentang Ide pokok dari teks bacaan Sejarah Komunikasi di atas adalah. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Kerjakan juga soal lain pada materi pembelajaran 1 subtema 3 Perkembangan Teknologi Komunikasi. Terimakasih, selamat belajar!