Ide Pokok Paragraf Gerak Kupu-Kupu | Soal Kelas 5 SD

Ide pokok paragraf Gerak Kupu-Kupu 1 sampai 4 soal kelas 5 SD pada materi pembelajaran 6 tema 1 subtema 1 organ gerak hewan di buku paket tematik halaman 53. Pada pembelajaran sebelumnya kamu telah mengetahui contoh hewan yang termasuk avertebrata, yakni siput. Berikut contoh lain hewan yang juga termasuk avertebrata, yakni kupu-kupu.

Bagaimana cara menentukan gagasan utama baca teks Grak Kupu-Kupu? Untuk menjawab soal tersebut baca terlebih dahulu cerita berikut ini!

Gerak Kupu-Kupu

Ide Pokok Paragraf Gerak Kupu-Kupu

Kupu-kupu adalah hewan yang lucu. Warnanya indah dan menarik. Banyak orang menyukainya. Dia terbang dan hinggap pada bunga-bunga. Badannya kecil, namun memiliki sayap yang lebar. Sukakah kamu pada kupu-kupu?

Kupu-kupu termasuk hewan serangga. Kupu-kupu memiliki organ gerak yang sama seperti serangga-serangga lainnya. Salah satu organ gerak yang istimewa dari kupu-kupu dan serangga lainnya adalah sayap. Dengan sayap ini, maka menjadikan serangga sebagai satu-satunya hewan avertebrata yang bisa terbang.

Tahukah kamu, sayap kupu kupu yang indah sebenarnya transparan? Lalu kenapa terlihat berwarna-warni? Sayap kupu-kupu terlihat warna-warni karena perbedaan kecerahan pada setiap lapisan tipisnya.

Kupu-kupu memiliki kemampuan terbang yang luar biasa. Kupu-kupu bisa terbang sejauh ribuan kilometer untuk mencari daerah yang hangat ketika musim dingin tiba. Kupu-kupu akan kembali lagi menempuh jarak ribuan kilometer ketika musim semi tiba. Meskipun demikian, kupu-kupu tidak bisa terbang apabila suhu tubuhnya di bawah 30 derajat celcius.

Tentukan ide pokok dari masing-masing paragraf bacaan di atas.

ParagrafIde Pokok
1Kupu-kupu adalah hewan yang lucu
2Kupu-kupu termasuk hewan serangga
3Sayap kupu kupu yang indah sebenarnya transparan
4Kupu-kupu memiliki kemampuan terbang yang luar biasa

Nah itulah ide pokok paragraf 1 sampai 4 teks Gerak Kupu-Kupu kunci jawaban soal kelas 5. Semoga pembahasan diatas bermanfaat dan berguna. Terimakasih, selamat belajar!