Ide Pokok Teks Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan

Ide pokok teks gotong royong modal dasar pembangunan, soal materi pembelajaran 4 tema 1 subtema organ gerak hewan kelas 5 SD/MI di buku paket halaman 38. Sebelum menentukan gagasan utama di masing-masing paragraf, alangkah baiknya kamu baca terlebih dahulu keseluruhan teks berikut ini.

Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan

Ide Pokok Teks Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan

Gotong royong merupakan modal dasar bagi terciptanya suasana kemasyarakatan yang harmonis. Mengapa demikian? Karena dengan bergotong royong, masyarakat akan sering melakukan silaturahmi dan
kerja sama, sehingga terjalinlah solidaritas. Seiring dengan munculnya rasa solidaritas inilah, akan muncul juga rasa empati dan simpati di antara masyarakat yang akan mempererat dan memperkuat hubungan masyarakat.

Tidak ada perbedaan dalam prinsip gotong royong. Gotong royong adalah kerja bersama, memeras keringat secara bersama, dan perjuangan saling bantu membantu secara bersama. Gotong royong dilakukan demi mencapai tujuan bersama. Tidak mempedulikan agama, suku, ataupun golongan.

Prinsip-prinsip gotong royong sangat bermanfaat bagi pelaksanaan pembangunan nasional. Karena semua masyarakat merasa saling memiliki. Masyarakat juga merasa mempunyai tujuan yang sama, yakni terwujudnya kehidupan yang sejahtera. Dengan bergotong royong, segala program pembangunan yang dicanangkan oleh pemerintah akan dapat dilaksanakan dengan baik tanpa adanya gangguan yang disebabkan oleh ketidakharmonisan masyarakat.

Teks diatas terdiri dari tiga paragraf. Sebutkan ide pokok masing-masing paragraf pada teks “Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan”? Berikut ini jawabannya :

  • Paragraf 1 : Gotong royong merupakan modal dasar bagi terciptanya suasana kemasyarakatan yang harmonis.
  • Paragraf 2 : Dalam gotong royong tidak ada perbedaan antara yang satu dengan yang lain.
  • Paragraf 3 : Prinsip-prinsip dalam gotong royong bisa menjadi modal pembangunan nasional.

Luas, letak, dan kondisi geografis negara Indonesia merupakan modal dasar yang sangat penting bagi pembangunan nasional dan pemerataan hasilhasilnya. Namun demikian, semuanya itu harus didukung dengan perilaku dan sikap positif yang sesuai dengan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam silasila Pancasila. Sikap dan perilaku negatif yang bertentangan dengan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam sila-sila Pancasila akan menjadi penghambat pembangunan nasional.