Informasi Penting Setiap paragraf Teks Si Paralel Penyelamat Jalan

Tuliskan informasi penting dalam setiap paragraf pada diagram teks Si Paralel Penyelamat Jalan, pembahasan kunci jawaban tema 3 kelas 6 halaman 84 tepatnya pada materi pembelajaran 3 subtema 2 Penemu dan Manfaatnya di buku tematik siswa sekolah dasar.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan dari tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal-soal pembelajaran 2 di buku tematik.

Informasi Penting Setiap paragraf Teks Si Paralel Penyelamat Jalan

Ayo Membaca
Si Paralel Penyelamat Jalan

Garret Augustus Morgan adalah penemu lampu lalu lintas pada tahun 1923, yang sekarang digunakan di berbagai negara di dunia. Lampu tersebut bermanfaat untuk mengatur lalu lintas dan menyelamatkan pengguna jalan dari kecelakaan. Morgan seorang warga Amerika berkulit hitam yang peduli dengan keselamatan orang lain. Ia terpanggil untuk menciptakan sistim lampu lalu lintas setelah menyaksikan seringnya terjadinya kecelakaan antara mobil dengan kereta kuda.

Lampu lalu lintas temuan Morgan mengunakan rangkaian paralel. Berbeda dengan rangkaian seri yang disusun sebaris, rangkaian paralel adalah rangkaian listrik yang disusun berderet, di mana masing-masing lampu memiliki rangkaian tersendiri yang terhubung kepada sumber energi. Oleh karena itu, apabila ada satu/lebih komponen yang rusak atau dicabut, maka komponen lainnya akan tetap berfungsi tanpa gangguan sama sekali. Prinsip kerja sebuah lampu lalu lintas adalah terdapatnya tiga buah lampu yang saling terhubung secara paralel.

Sungguh mulia tujuan Morgan menciptakan lampu lalu lintas. Dapat dibayangkan jika tidak ada lampu lalu lintas di jalur jalan raya yang ramai. Sebuah penemuan yang baik, tentunya akan memberikan manfaat bagi banyak orang.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 84

Baca kembali teks tersebut dengan teliti, tuliskan informasi penting dalam setiap paragraf pada diagram berikut!

Jawaban :

Paragraf 1:
Topik Masalah
Garret Augustus Morgan adalah penemu lampu lalu lintas pada tahun 1923, yang sekarang digunakan di berbagai negara di dunia.

Paragraf 2:
Deret Penjelas
– Lampu lalu lintas temuan Morgan mengunakan rangkaian paralel.
– Rangkaian paralel adalah rangkaian listrik yang disusun berderet, di mana masing-masing lampu memiliki rangkaian tersendiri yang terhubung kepada sumber energi.
– Pada rangkaian paralel apabila ada satu/lebih komponen yang rusak atau dicabut, maka komponen lainnya akan tetap berfungsi tanpa gangguan sama sekali.
– Prinsip kerja sebuah lampu lalu lintas adalah terdapatnya tiga buah lampu yang saling terhubung secara paralel.

Paragraf 3:
Kesimpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis
Dengan penemuan lampu lalu lintas ternyata mampu mengubah dunia dan memberi manfaat bagi banyak orang. Adanya lampu lalu lintas ini mampu mengurangi terjadinya kecelakaan.

Ayo Menulis

Buatlah laporan dari percobaan membuat rangkaian lampu lalu lintas yang telah kamu lakukan.

Lihat jawaban Laporan Kegiatan Percobaan secara lengkap DISINI

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 3 kelas 6 SD halaman 84 tentang informasi penting dalam setiap paragraf pada diagram teks Si Paralel Penyelamat Jalan. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 3 subtema 2 Penemu dan Manfaatnya di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian: