Jawab: Lengkapilah Kalimat Berikut Ini dengan Kata yang Tepat!

Lengkapilah kalimat berikut ini dengan kata yang tepat! Pembahasan kunci jawaban tema 6 kelas 3 halaman 35, tepatnya pada materi pembelajaran 4 subtema 1 Sumber Energi di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2018.

Lengkapilah Kalimat Berikut Ini dengan Kata yang Tepat

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal tentang Tuliskan 5 informasi tentang sumber energi pada wacana di halaman 32-34. Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Ayo Membaca!

Air dan Angin adalah Sumber Energi

Air bukan hanya sumber energi bagi tubuh. Air juga sumber energi listrik. Cara memanfaatkannya adalah air ditampung pada sebuah bendungan atau waduk. Lalu, bagaimana air di bendungan dapat menghasilkan energi listrik?

Caranya adalah air di bendungan dialirkan. Aliran air ini memiliki kekuatan yang disebut energi kinetik. Energi kinetik air menggerakkan kincir atau turbin. Gerakan kincir air akan menggerakkan generator listrik. Generator listrik inilah yang membangkitkan energi listrik.

Bendungan atau waduk yang dimanfaatkan untuk menghasilkan energi listrik disebut Pembangkit Listrik Tenaga Air atau PLTA. Berikut ini adalah beberapa nama PLTA yang ada di Indonesia.

Nama PLTA Lokasi
PLTA Jati Luhur Purwakarta, Jawa Barat
PLTA Maninjau Agam, Sumatera Barat
PLTA Karangkates Malang, Jawa Timur
PLTA Sigura-gura Simorea, Sumatera Utara
PLTA Musi Kapahiang, Bengkulu
PLTA Gajah Mungkur Wonogiri, Jawa Tengah

Tuliskan 5 Informasi Tentang Sumber Energi Pada Wacana di Halaman 32-34

Sumber energi lainnya adalah udara. Di dalam udara terdapat oksigen. Oksigen penting bagi kelangsungan hidup manusia. Manusia bernafas menghirup oksigen. Udara bukan hanya sumber energi bagi tubuh. Udara juga dapat dimanfaatkan sebagai energi listrik.

Udara yang bergerak disebut bayu atau angin. Bayu (angin) memiliki energi kinetik. Energi kinetik inilah yang dapat menggerakkan kincir. Kincir angin dapat menggerakkan generator listrik. Generator listrik akan membangkitkan energi listrik.

Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) terbesar di Indonesia terdapat di Sidrap, Sulawesi Selatan.

Ayo Berlatih!

3. Lengkapilah kalimat berikut ini dengan kata yang tepat!

Jawab:

1. Gerak air dapat menghasilkan energi listrik.
2. Kincir angin dapat menggerakkan generator yang akan membangkitkan energi listrik
3. Air adalah contoh sumber energi.
4. Energi kinetik air dapat menggerakkan kincir air.
5. Saat bernapas manusia menghirup udara

Ayo Mencoba!

Kita wajib menjaga dan melestarikan lingkungan, karena lingkungan adalah tempat hidup. Lingkungan memberi sumber energi untuk kita. Namun, energi tersebut terbatas persediaannya. Apa yang harus kita lakukan sebagai bagian dari lingkungan, untuk menghemat energi?

Lakukan wawancara kepada temanmu. Pilihlah satu orang teman untuk diwawancara. Susunlah beberapa pertanyaan tentang menghemat energi. Lakukan wawancara secara bergantian. Catatlah hasil wawancaramu!

Jawaban contoh hasil wawancara, buka DISINI.

Laporkan hasil wawancaramu di depan kelas. Sampaikan dengan bahasa yang santun. Tampillah dengan percaya diri!

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 6 kelas 3 SD/MI di buku tematik siswa halaman 36. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Kerjakan juga soal lain pada materi pembelajaran 4 subtema 1 Sumber Energi. Terimakasih, selamat belajar!