Jawaban Bab 4 Bahasa Indonesia Halaman 128 Kelas 8 Kurikulum Merdeka Kalimat yang Menurut kalian Denotasi dan Konotasi

Kunci jawaban Bahasa Indonesia Bab 4 kelas 8 halaman 128 kurikulum merdeka kegiatan 8 Centanglah kalimat yang menurut kalian memiliki makna denotasi dan konotasi. Tepatnya pada materi Bab IV Mengulas Karya Fiksi pada buku semester 2.

Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 8 halaman 128 kurikulum merdeka Centanglah kalimat yang menurut kalian denotasi dan konotasi

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan dari tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal Kegiatan 6 secara lengkap.

Membandingkan Kata Denotasi dan Konotasi dalam Karya Fiksi

Dalam sebuah cerita, kalian akan menemukan banyak kata. Kosakata tersebut tidak hanya memiliki satu makna. Beberapa kata mungkin mempunyai makna yang berlainan dengan makna sebenarnya atau bermakna kiasan. Kata-kata seperti ini disebut bermakna konotasi. Lawan dari konotasi adalah denotasi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, denotasi adalah makna kata atau kelompok kata yang berdasarkan atas penunjukan yang lugas pada sesuatu di luar bahasa. Denotasi juga berarti makna kata-kata yang sebenarnya atau bukan makna kiasan. Seorang penulis biasanya menggunakan kata-kata dengan makna konotasi agar kalimat-kalimat dalam cerita yang ditulisnya menjadi lebih menarik.

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 128 Kurikulum Merdeka

Kegiatan 8:
Mengidentifikasi Kata Denotasi dan Konotasi

Perhatikanlah kata-kata pada kalimat-kalimat dalam tabel berikut. Centanglah kalimat yang menurut kalian memiliki makna denotasi dan konotasi.

Jawaban :

Kalimat Denotasi Konotasi
Ketika banyak pikiran, wajahnya terlihat kurang menarik.
Ketika banyak pikiran, wajahnya sekusut kain lap.
Jalanan sepi sekali pagi ini.
Jalanan sesunyi kuburan pagi ini.
Sopir mengendarai bus dengan kencang.
Sopir mengendarai bus seakan sedang di arena balapan.
Sekarang aku merasakan akibat keras kepala-ku sendiri.
Sekarang, aku merasakan penyesalanku.
Ibu Parki memandang buah hatinya dengan cemas.
Ibu Parki memandangi anaknya dengan hati cemas. I

Baca juga pembahasan soal selanjutnya :

Membaca
Berikut ini disajikan dua jenis puisi. Bacalah baik-baik keduanya.

Jawaban, buka disini: Apa Makna Kedua Puisi Itu

Demikian pembahasan kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 8 SMP MTS halaman 128 materi Bab IV Mengulas Karya Fiksi di buku kurikulum merdeka kelas VIII semester 2. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Terimakasih, selamat belajar!

One Comment