Jenis Iklan Elektronik Berdasarkan Isinya Beserta Contoh

Jenis Iklan Elektronik Berdasarkan Isinya – Pengertian iklan secara umum adalah bentuk promosi atau pengenalan produk, baik itu barang maupun jasa. Bagi yang mempunyai gadget, pasti sering melihat iklan di internet, baik itu di artikel, media sosial (fb, ig) dan youtube.

Banyaknya iklan yang bermunculan dibedakan menjadi banyak sekali jenis-jenisnya. Mulai dari jenis iklan berdasarkan Isi, Media, dan Tujuannya. Iklan berdasarkan isinya terdiri dari iklan pemberitahuan atau pengumuman, penawaran (niaga), dan layanan masyarakat.

Jenis Iklan Elektronik Berdasarkan Isinya
Contoh Iklan Elektronik Kecantikan

Kemudian yang kedua jenis iklan berdasarkan medianya terdiri dari iklan cetak, elektronik, internet, dan luar ruangan. Yang ketiga, berdasarkan tujuannya dikelompokkan menjadi dua yakni iklan komersial dan non komersial.

Jenis Iklan Elektronik Berdasarkan Isinya

Dari penjelasan diatas, dapat kita ketahui bahwa iklan elektronik merupakan jenis iklan berdasarkan medianya. Lalu apa itu pengertian iklan elektronil?

Singkatnya, iklan elektronik adalah jenis iklan yang menggunakan media elektronik seperti televisi dan radio. Bentuk penyampaian pesannya berupa video maupun audio.

Jenis-jenis iklan elektronik berdasarkan isinya terbagi menjadi 3, yaitu politik, pendidikan, dan kecantikan. Berikut ini penjelasan singkat dan contohnya.

1. Iklan Politik

Apabila musim pemilu sudah dimulai, biasanya kita sering menjumpai berbagai macam iklan politik di TV, baik itu berupa gambar maupun tayangan video. Iklan ini mengenalkan kepada khalayak tentang partai-partai politik peserta Pemilu beserta orang-orang yang dicalonkan.

Melalui iklan tersebut masyarakat dapat mengetahui partai-partai politik yang akan mereka pilih sesuai hati nuraninya tanpa adanya paksaan dari pihak mana pun. Iklan pada gambar termasuk jenis iklan politik. Lihat: Contoh Iklan Politik

2. Iklan Pendidikan

Ikan ini isinya berkaitan tentang ajakan kepada khayalak untuk membeli aplikasi pendidikan anak, baik itu berbahasa Indonesia, maupun Inggirs. Jenis iklan ini ditayangkan di televisi dan internet, berdasarkan isinya termasuk dalam iklan pendidikan yang sifatnya komersial dan non komersial (berupa ajakan untuk wajib belajar 9 tahun). Lihat : Contoh Iklan Pendidikan

3. Iklan Kencantikan

Iklan produk kecantikan juga banyak ditanyangkan di televisi. Kamu tentu sering melihat iklan ini. Iklan ini berisi ajakan kepada khalayak menggunakan produk kecantikan dan perawatan tubuh. Seperti sabun, sampo, dan makeup. Lihat: Contoh Iklan Kecantikan

Selain ketiga jenis tersebut, sebenarnya masih banyak lagi bentuk promosi yang dilakukan melalui media elektronik. Seperti iklan promosi barang, jasa dan acara-acara komersial seperti film terbaru di bioskop dan konser besar. Nah itulah macam-macam 3 jenis iklan elektronik berdasarkan isinya.