Jika Air Di Gelas Dituangkan Ke dalam Panci, Lingkari Volume Air

Jika air di gelas dituangkan ke dalam panci, lingkari volume air yang lebih banyak! Pembahasan kunci jawaban tema 7 kelas 3 halaman 55, tepatnya pada materi pembelajaran 6 subtema 1 Perkembangan Teknologi Produksi Pangan di buku tematik siswa revisi 2018.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal tentang Lengkapi kalimat di bawah ini! Gunakan kata-kata dalam kotak untuk membantumu. Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Ayo Mengamati

Siti, Dayu, Lani, Udin, Edo, dan Beni ikut serta membuat tempe. Mereka bekerja sama menyiapkan proses pembuatan tempe. Udin dan Edo menyiapkan kompor dan panci. Dayu mencuci kacang kedelai dibantu oleh Lani. Siti dan Beni bertugas merebus kacang kedelai.

Siti harus mengisi panci dengan air. Panci yang tersedia berukuran besar. Gelas untuk menuang air berukuran kecil. Siti menghitung banyaknya gelas berisi air agar panci terisi sampai penuh.

Ayo Berlatih

Jika air di gelas dituangkan ke dalam panci, lingkari volume air yang lebih banyak!

Jawaban:

Jika air di gelas dituangkan ke dalam panci, lingkari volume air yang lebih banyak

Baca juga pembahasan soal halaman selanjutnya dibawah ini:

Ayo Berdiskusi

Bacalah teks bacaan berikut!

Setelah membuat tempe, Siti dan teman-teman akan mengolah tempe yang sudah jadi. Mereka membayangkan menu masakan yang akan dibuat dari tempe. Siti ingin membuat tempe balado karena Siti suka pedas. Edo ingin membuat semur tempe karena Edo suka rasa manis. Lani ingin membuat tempe asam manis karena Lani suka rasa asam dari saus tomat. Beni, Dayu, dan Udin, lebih suka tempe yang digoreng. Rasanya asin dan gurih.

Siti memaksa ingin membuat tempe balado. Demikian pula, Edo tetap bertahan ingin membuat semur tempe. Karena tidak ada yang mau mengalah, hampir saja tempe tidak jadi diolah. Keinginan setiap orang berbeda-beda. Jika setiap orang memaksakan kehendak, akan terjadi pertengkaran.

Akhirnya, Siti dan kawan-kawan berdiskusi untuk menentukan jenis masakan yang akan dibuat. Siti tidak ingin memaksakan kehendak. Siti paham bahwa tidak semua orang suka pedas. Siti memiliki tenggang rasa terhadap teman-temannya. Begitu pula Edo dan Lani, mereka tidak memaksakan keinginan pribadi. Dari hasil diskusi, semua sepakat untuk membuat tempe mendoan.

Perbedaan sifat dan kebiasaan dapat menimbulkan pertengkaran jika tidak ada yang mau mengalah. Sikap itu tentu saja tidak baik. Perbedaan sifat dan kebiasaan tidak akan menjadi masalah, jika bertoleransi terhadap sifat dan kebiasaan orang lain.

Tenggang rasa adalah sikap mau memahami keadaan orang lain.

Diskusikan dengan temanmu mengenai hal baik dan tidak baik yang mungkin terjadi jika terdapat perbedaan sifat dan kebiasaan dari tiap orang!

Jawaban hasil diskusi: buka DISINI.

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 7 kelas 3 SD/MI di buku tematik siswa halaman 55. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Kerjakan juga soal lain pada materi pembelajaran 6 subtema 1 Perkembangan Teknologi Produksi Pangan. Terimakasih, selamat belajar!