Judul Cerita Pengarang Penulisan Latar yang Dilakukan Pengarang

Buatkan cerpen yang berisi judul cerita pengarang Penulisan latar yang dilakukan pengarang. Pembahasan pelajaran Bahasa Indonesia kelas 8 kurikulum merdeka materi Bab IV Mengulas Karya Fiksi pada buku semester 2.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan dari tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal Kegiatan 6 secara lengkap.

Buatkan cerpen yang berisi judul cerita pengarang Penulisan latar yang dilakukan pengarang

(Baca cerita pada link di atas)

Berlatih
Cermati kembali cerita yang sudah kalian baca. Perhatikan tema, topik, dan alurnya, lalu jawablah pertanyaan berikut ini.

1. Apa judul cerita yang kalian baca?
Jawaban : Ketika Sebuah Mimpi Dipahami.

2. Apa tema yang terdapat dalam cerita tersebut?
Jawaban : Khayalan.

3. Alur apa yang digunakan oleh cerita tersebut (alur maju, mundur, atau campuran)?
Jawaban : Alur yang digunakan alur maju. Karena jalan cerita dijelaskan secara runtut mulai dari pengenalan latar dan masalah sampai ke konflik dan di akhir cerita terdapat penyelesaian konflik.

4. Pesan apa yang hendak disampaikan pengarang melalui ceritanya?
Jawaban : Kejadian ini memberikan pesan bahwa ketakutan, keindahan, rasa senang atau derita semuanya hanya ada di dalam pikiran, bukan hanya di dunia mimpi, tapi juga dunia nyata.

Baca Juga Pembahasan Soal Lainnya:

Kegiatan 8:
Mengidentifikasi Kata Denotasi dan Konotasi

Jawaban, buka DISINI

Demikian pembahasan soal Bahasa Indonesia kelas 8 SMP MTS tentang Judul Cerita Pengarang Penulisan Latar yang Dilakukan Pengarang materi Bab IV Mengulas Karya Fiksi di buku kurikulum merdeka kelas VIII semester 2. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Terimakasih, selamat belajar!

One Comment