Judul Cerita Teropong Binokular dan Bintang Jatuh Siapa Tokohnya di mana Peristiwanya

Judul cerita teropong binokular dan bintang jatuh siapa tokohnya di mana peristiwanya, kunci jawaban tema 9 kelas 6 halaman 91 sampai 93 tepatnya pada materi pembelajaran 2 Subtema 2 Benda Angkasa Luar dan Rahasianya di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2018.

Judul cerita teropong binokular dan bintang jatuh siapa tokohnya di mana peristiwanya

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal apa itu meteoroid asteroid meteor bagaimana terjadinya lengkap di buku tematik siswa.

Ayo Membaca

Teropong Binokular dan Bintang Jatuh
Oleh Diana Karitas

Dimas sangat senang mendapatkan kejutan hari ini dari Om Dodi, pamannya yang baru kembali dari Bandung. Dimas mendapatkan sebuah teropong binokular! Benda itu sudah lama ia idam-idamkan! Dimas tahu bahwa ia hampir tidak mungkin meminta dari Ayah dan Ibu karena benda itu sangat mahal. Tetapi, pamannya yang bekerja di Bosscha Bandung sore itu membawakannya untuknya!

“Terima kasih, Om! Dimas pasti akan menggunakan dan menjaganya dengan baik,” janji Dimas kepada pamannya sambil mencium tangan pamannya berkali-kali. Matanya berkaca-kaca. (Baca secara lengkap di buku tematik)

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 91 sampai 93

Ayo Menulis

Alur cerita atau jalan cerita sebuah tulisan fiksi membantu pembaca untuk mengetahui rangkaian peristiwa di dalamnya. Alur cerita biasanya menjelaskan masalah atau konflik dan penyelesaiannya.

Perhatikan kembali cerita fiksi di atas, lalu lakukanlah kegiatan berikut ini secara mandiri.

Jawaban :

Judul Cerita : Teropong Binokular dan Bintang Jatuh
Siapa Tokohnya?
Dimas dan Om Dodi, Ibu Dimas
Di mana peristiwanya?
Rumah Dimas

Kapan?
Sore hari

Apa yang terjadi dan mengapa?
Dimas sangat menginginkan sebuah teropong binokuler karena Dimas ingin mengamati bintang-bintang di langit
Bagaimana penyelesaiannya?
Om Dodi .memberikan hadiah sebuah teropong binokuler

Bacalah kembali cerita di atas dan juga hasil pekerjaanmu sebelumnya. Bayangkanlah kamu ada di dalam cerita itu dan ingin menjelaskannya kepada temanmu dengan menggunakan sebuah gambar. Gunakanlah imajinasimu untuk membuat gambar yang menjelaskan cerita di atas. Gunakanlah kotak di bawah ini untuk menggambarkannya. Lalu, berikanlah keterangan yang menarik di bawah gambarmu!

Tukarkan gambarmu dengan temanmu yang lain dan mintalah pendapat mereka. Apakah ada persamaan dan perbedaan antara gambar dan keterangan yang kamu buat dengan milik temanmu? Diskusikan mengapa terjadi persamaan dan perbedaan.

Jawaban : Terjadi persamaan, karena dalam membuat gambar dan keterangan berpedoman pada contoh cerita di atas. Selain persamaan, terjadi perbedaan karena imajinasi setiap orang berbeda-beda.

Jika kamu adalah penulis cerita di atas, dan kamu diberikan kesempatan untuk mengubah jalan ceritanya, bagian manakah yang ingin kamu ubah? Akan seperti apakah cerita di atas jika kamu ubah? Cobalah untuk menuliskannya di tempat yang disediakan berikut ini.

Jawaban : Dimas seorang anak yang suka sekali mengamati bintang-bintang di langit. Seringkali dia mengamati benda-benda langit pada malam hari di teras rumahnya hingga lupa waktu. Kebiasaan Dimas yang satu ini membuat ibunya jengkel karena melupakan waktu belajar atau mengerjakan pekerjaan rumahnya. Alhasil nilai dan peringkat di kelasnya menjadi melorot. Ibu Dimas berunding dengan adiknya yang bernama Dody. Saat berkunjung ke rumah Dimas, Om Dody memberikan tantangan kepada Dimas. Jika Dimas mendapat peringkat pertama di kelasnya pada semester berikutnya Om Dody akan memberi hadiah berupa teropong binokular. Dimas bersemangat, karena tahu kalau teropong itu bisa digunakan untuk melihat benda-benda langit, termasuk bintang jatuh yang menjadi idamannya. Akhirnya Dimas mendapatkan teropong binokular tersebut setelah meraih peringkat pertama pada semester berikutnya.

Bagaimana hasil perubahan yang kamu lakukan terhadap cerita fiksi di atas? Apakah kamu menemui kesulitan untuk melakukannya?
Jawaban : Saya tidak menemui kesulitan saat mengubah jalan cerita.

Ayo Berlatih

Bagaimana dengan daerahmu? Apakah daerahmu memiliki tari khas daerah? Adakah usaha-usaha untuk mengembangkannya menjadi tari kreasi daerah? Bersama dengan teman sekelompokmu, lakukanlah kegiatan berikut ini.

Carilah informasi tentang salah satu tari kreasi daerah yang berasal dari daerahmu. Cari tahu tari khas yang dijadikan acuan untuk membuat tari kreasi tersebut. Kumpulkan informasi tentang tari khas dan tari kreasi tersebut, lalu catatlah dengan menggunakan tabel berikut.

Lihat jawaban secara lengkap DISINI

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 9 kelas 6 SD/MI di buku tematik halaman 91 sampai 93 secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 2 Subtema 2 Benda Angkasa Luar dan Rahasianya di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian: