Kamu Melihat Seorang Anak yang Membuang Sampah Sembarangan

Kamu melihat seorang anak yang membuang sampah sembarangan. Saran yang akan kamu sampaikan adalah.. Di sekitar depan rumah tetanggamu banyak sampah juga kaleng bekas berisi air hujan. Saran yang akan kamu sampaikan adalah..

Kunci jawaban soal pada materi pembelajaran 6 tema 1 subtema 3 pertumbuhan hewan kelas 3 SD/MI di buku paket halaman 139. Sebelum menjawab soal tersebut, amati dan baca teks pertumbuhan nyamuk berikut ini!

Kamu Melihat Seorang Anak yang Membuang Sampah Sembarangan

Nyamuk memiliki daur hidup seperti hewan lainnya. Daur hidup nyamuk dimulai dari telur. Telur nyamuk berada di atas air. Ketika sudah menetas, telur menjadi jentik-jentik. Jentik-jentik berubah menjadi pupa. Setelah beberapa waktu pupa berubah menjadi nyamuk.

Tahapan perkembangan nyamuk berlangsung cepat dan terjadi pada media air. Beberapa nyamuk dapat menjadi penyebar penyakit yang mematikan. Contoh penyakit yang ditularkan nyamuk adalah demam berdarah.

Penyakit demam berdarah dapat mengakibatkan kematian. Selain demam berdarah, banyak lagi penyakit lain yang ditularkan nyamuk. Salah satu penyebab berkembangnya nyamuk adalah banyaknya genangan air.

Membersihkan lingkungan serta membuang benda-benda yang sudah tidak dipakai agar tidak dijadikan tempat perkembangbiakan nyamuk. Oleh karena itu mari kita bersama-sama mengingatkan masyarakat agar menjaga lingkungan, melalui poster.

Cobalah berlatih menyampaikan pesan! Tuliskan saranmu jika teman atau tetanggamu melakukan hal berikut ini!

Kamu melihat seorang anak yang membuang sampah sembarangan. Saran yang akan kamu sampaikan adalah.. Menasehati, dan menyuruhnya untuk membuang sampah pada tempatnya.

Di sekitar depan rumah tetanggamu banyak sampah juga kaleng bekas berisi air hujan. Saran yang akan kamu sampaikan adalah.. Sebaiknya kaleng yang berisi air dibuang saja, karena dapat mengakibatkan proses pertumbuhnya nyamuk.