Kapan dan Pada Peristiwa Apakah Rumusan Pancasila Disahkan

Kapan dan pada peristiwa apakah rumusan Pancasila disahkan? buatlah cerita lahirnya Pancasila, pembahasan kunci jawaban tema 7 kelas 5 halaman 176 sampai 177 tepatnya pada materi pembelajaran 3 subtema 3 Peristiwa Mengisi Kemerdekaan di buku tematik siswa sekolah dasar.

Kapan dan Pada Peristiwa Apakah Rumusan Pancasila Disahkan

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan dari tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal Apakah isi pidato Ir. Soekarno pada Sidang Pertama BPUPKI di buku tematik.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 176 sampai 177

Ayo Menulis

Bacalah dengan saksama bacaan yang berjudul “Peristiwa Lahirnya Pancasila”. Setelah itu, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.

6. Kapan dan pada peristiwa apakah rumusan Pancasila disahkan?

Jawaban : Pada tanggal 18 Agustus 1945 disahkan Undang-Undang Dasar 19 Dasar 1945 pada sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI), termasuk Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Di dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 termuat isi rumusan Lima Prinsip Dasar Negara yang disebut Pancasila, tepatnya di Alinea ke IV.

Berdasarkan jawabanmu tersebut, buatlah cerita lahirnya Pancasila. Bacakan hasilnya di depan guru dan teman-temanmu!

Jawaban : Istilah Pancasila berasal dari bahasa sansekerta yang berarti, berbatu sendi yang lima atau pelaksanaan kesusilaan yang lima. Istilah Pancasila telah dikenal sejak zaman Majapahit, yaitu terdapat pada kitab Negarakertagama karangan Mpu Prapanca dan Kitab Sutasoma karangan Mpu Tantular.

Dalam Sidang Pertama BPUPKI dibahas mengenai pembentukan dasar negara. Tiga orang tokoh yaitu Moh. Yamin, Dr. Soepomo, Ir. Soekarno menyampaikan usul dasar negara. Ir. Soekarno pada Sidang Pertama BPUPKI berpidato tanpa teks menyampaikan usulan dasar negara.

Pada tanggal 18 Agustus 1945 disahkan Undang-Undang Dasar 19 Dasar 1945 pada sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI). Termasuk Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Di dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 termuat isi rumusan Lima Prinsip Dasar Negara yang disebut Pancasila, tepatnya di Alinea ke IV.

Ayo Berlatih

Pahamilah bacaan di atas! Tuliskan informasi penting dalam bacaan peran pancasila dalam keberagaman bangsa ke dalam kolom-kolom berikut!

Lihat jawaban soal lain di atas DISINI

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 7 kelas 5 SD Halaman 176 sampai 177 secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 3 subtema 3 Peristiwa Mengisi Kemerdekaan di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian: