Kapan dilakukan Tari Suling Dewa? Tema 8 Halaman 86

Kapan dilakukan Tari Suling Dewa? pembahasan kunci jawaban tema 8 kelas 5 halaman 86 tepatnya pada materi pembelajaran 5 subtema 2 Perubahan Lingkungan di buku tematik siswa sekolah dasar.

Kapan dilakukan Tari Suling Dewa

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan dari tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan dari mana asal Tari Suling Dewa di buku tematik.

Ayo Membaca

Tari Suling Dewa

Air merupakan sumber kehidupan. Ketika hujan tidak turun dalam waktu lama, bencana kekeringan dapat melanda suatu daerah. Saat itu banyak kegiatan manusia terganggu karena berkurangnya air bersih akibat kekeringan.

Banyak cara dilakukan masyarakat untuk menghadapi bencana kekeringan, misalnya di Desa Bayan, Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Ketika musim kemarau tiba, para tokoh adat atau sesepuh adat Desa Bayan melakukan ritual lewat tarian yaitu Tari Suling Dewa. Tarian tersebut merupakan sarana permohonan doa kepada Tuhan Yang Mahakuasa agar hujan segera turun.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 86

Ayo Berdiskusi

Berdasarkan teks “Tari Suling Dewa” tuliskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan dalam tabel berikut.

2. Kapan dilakukan Tari Suling Dewa?

Jawaban : Masyarakat menarikan Tari Suling Dewa saat kekeringan melanda daerahnya.

3. Siapa yang melakukan Tari Suling Dewa?
4. Apa tujuan dilakukan Tari Suling Dewa?
5. Mengapa air penting bagi manusia?

Lihat jawaban soal di atas DISINI

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 8 kelas 5 SD Halaman 86 secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 5 subtema 2 Perubahan Lingkungan di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian: