Karakteristik Masakan India, Arab, dan Pakistan Secara Singkat

Karakteristik Masakan India, Arab, dan Pakistan – Makanan atau masakan dari ketiga negara tersebut masuk dalam kategori makanan oriental (baca: Pengertian Makanan Oriental). Nah pada pembahasan sebelumnya, telah kita bahas mengenai karakteristik makanan negara China dan Jepang.

Makanan Pokok bangsa Arab, India, dan Pakistan adalah nasi dan macam-macam roti, yang dimakan dengan lauk pauk seperti gule dan kari. Kambing guling atau daging panggang dan kebab adalah makanan yang paling terkenal.

Karakteristik Masakan India, Arab, dan Pakistan

Di India bagian utara dan Pakistan makanan pokoknya adalah sebangsa roti yang dibuat dari tepung gandum dan air tanpa ragi. Ada beberapa jenis roti yang dibuat, diantaranya :

  • Nan dan chapatti dibuat dari campuran gandum dan air yang dibentuk tipis
  • Rhoti yaitu sejenis chapatti yang dibuat lebih tebal
  • Paratha yaitu roti yang lebih tebal dari chapatti dan digoreng dalam mentega atau ghee;
  • Shirmah yaitu pancake yang digoreng dalam ghee.

Di India bagian Selatan, makanan pokoknya adalah nasi yang dimakan dengan lauk pauk daging babi, ayam, telur dan hasil laut. Selain itu digunakan juga kacang-kacangan dan chutney.

Bumbu yang dipakai adalah bumbu kering dangan aroma dan rasa yang keras. Salah satu bumbu yang popular adalah kari. Dalam makanannya juga dipergunakan minyak samin yaitu minyak unta untuk menggoreng atau menumis. Selain itu digunakan pula yoghurt.

Sebagai makanan pencuci mulut digunakan kue atau manisan buah. Bangsa Arab dan India pada umumnya makan dengan tangan dan bersila di lantai.

Nah demikian penjelasan singkat mengenai karakteristik masakan India, Arab, dan Pakistan. Baca juga karakteristik makanan oriental di negara lainnya :