Kegiatan Energi yang Digunakan dan Perubahan Energi Tema 2 Kelas 4

Kegiatan energi yang digunakan dan perubahan energi, meliputi menjemur ikan, menyetrika, bermain layang-layang dan membakar Ikan. Pembahasan kunci jawaban soal pembelajaran 1 tema 2 subtema 2 kelas 4 SD di buku tematik halaman 52.

Kegiatan Energi yang Digunakan dan Perubahan Energi

Kita dapat menemukan energi di sekitar kita. Energi sangat berguna untuk makhluk hidup saat melakukan kegiatan. Energi listrik adalah energi yang paling banyak digunakan di rumah. Tulislah barang-barangmu yang membutuhkan energi listrik. Seberapa sering kamu menggunakannya?

Kita harus memperhatikan penggunaan energi. Jangan sampai energi habis karena pemakaian yang tidak terbatas. Apa yang dapat kita lakukan agar energi tidak habis? Selalu berhemat akan membantu ketersediaan energi. Daripada pergi ke sekolah naik kendaraan, kita dapat naik sepeda atau berjalan kaki.

Ayo Menulis!

Nah, sekarang, tuliskan energi yang digunakan dan perubahan energi yang terjadi. Saat melakukan kegiatan-kegiatan di bawah ini. Diskusikan hasilnya dengan teman di sebelahmu.

NoKegiatanEnergi yang
digunakan
Perubahan energi
1Menjemur ikanEnergi matahariEnergi matahari menjadi energi panas atau kalor
2MenyetrikaEnergi listrikEnergi listrik menjadi energi panas.
3Bermain layang-layangEnergi anginEnergi angin menjadi energi kinetik
4Membakar IkanEnergi panasEnergi panas menjadi energi kimia
5Pembangkit Listrik Tenaga AirEnergi gerakEnergi gerak menjadi energi listrik
6Mengayuh SepedaEnergi kimia (makanan)Energi kimia (makanan) menjadi energi kinetik (gerak sepeda).
7Menabuh gendangEnergi gerakEnergi gerak menjadi energi bunyi

Kamu telah mengetahui hal berkaitan dengan energi, sumber energi serta perubahannya. Sekarang, lakukan percobaan tentang perubahan energi. Bacalah petunjuk berikut dengan saksama. Diskusikan langkah-langkahnya dengan temanmu.

Baca pembahasan disini : Hasil Laporan Kegiatan Percobaan Perubahan Energi.

Demikian pembahasan soal tema 2 kelas 4 SD pada pembelajaran 1 tentang Kegiatan energi yang digunakan dan perubahan energi, meliputi menjemur ikan, menyetrika, bermain layang-layang dan membakar Ikan. Semoga berguna dan bermanfaat. Terimakasih, selamat belajar!