Kegiatan-Kegiatan Masyarakat di Lingkungan Sekitar Produk Unggulan

Kegiatan-kegiatan masyarakat di lingkungan sekitar dan produk unggulan, pembahasan kunci jawaban tema 9 kelas 5 halaman 92 tepatnya pada materi pembelajaran 3 subtema 2 Benda dalam Kegiatan Ekonomi di buku tematik siswa sekolah dasar.

Kegiatan-kegiatan masyarakat di lingkungan sekitar dan produk unggulan

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan dari tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal peristiwa-peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang mencerminkan sikap menjalin persatuan dan kesatuan di buku tematik.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 92

Ayo Berlatih

Banyak kegiatan ekonomi yang dilakukan masyarakat di lingkungan sekitar kita, misalnya jasa tata boga, jasa angkutan umum, jasa pangkas rambut, pembuat gula merah, dan usaha kepariwisataan. Sekarang coba kamu lakukan pengamatan kegiatan ekonomi yang dilakukan masyarakat tempat tinggalmu. Identifikasilah kegiatan-kegiatan ekonomi yang menghasilkan produk unggulan dari masyarakat tempat tinggalmu.

Jawaban :

No. Kegiatan-Kegiatan Masyarakat di Lingkungan Sekitar: Produk Unggulan
1. Pertanian Padi, jagung, ketela, sayuran, dan palawija.
2. Perkebunan Karet, kelapa, kelapa sawit, dan tebu.
3. Peternakan Sapi, kerbau, kuda, kambing, domba, kelinci, dan babi, ayam, itik, entok, dan burung.
4. Perikanan Ikan gurami, nila, bawal, lele, dan ikan bandeng.
5. Kehutanan Kayu, rotan, damar, dan kemenyan.
6. Pertambangan Emas, minyak bumi, batu gamping, dan batu bara.
7. Perindustrian Pakaian, ban, keramik, gerabah, dan anyaman
8. Perdagangan Distribusi barang dalam bidang pertanian, peternakan, perikanan, hutan, dan barang-barang hasil industri, ekspor, dan impor.
9. Jasa Tukang becak, ojek online, angkutan umum, dan bidang pariwisata.

Ayo Berdiskusi

Banyak benda-benda bekas di sekitarmu yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber penghasilan. Tentu saja dengan cara mendaur ulang, misalnya memanfaatkan gelas plastik bekas air mineral untuk bahan membuat bunga plastik. Selain itu, dapat pula memanfaatkan kerang-kerang sebagai bahan membuat hiasan atau pigura, dan masih banyak lagi yang lainnya. Kesemuanya itu dapat dijual di tempat wisata sebagai suvenir.

Pernahkah kamu menemukan kegiatan ekonomi dengan memanfaatkan benda-benda bekas? Diskusikan bersama dua orang temanmu dengan menyebutkan benda bekas, cara pengolahan, dan cara penjualan hasil pengolahan. Tuliskan hasil diskusi pada kolom berikut.

Lihat jawaban soal di atas DISINI

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 9 kelas 5 SD Halaman 92 secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 3 subtema 2 Benda dalam Kegiatan Ekonomi di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian: