Jawab: Kerjakanlah Latihan Operasi Pengurangan Pecahan Berpenyebut Sama

Kerjakanlah latihan operasi pengurangan pecahan berpenyebut sama berikut ini! Pembahasan kunci jawaban tema 5 kelas 3 halaman 184, tepatnya pada materi pembelajaran 1 subtema 4 Cuaca, Musim, dan Iklim di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2018.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal tentang tuliskan informasi yang kamu peroleh di tempat yang tersedia di halaman 177. Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Ayo Mengamati!

Mengurangkan Pecahan Berpenyebut Sama

Edo memberi potongan kain dengan melakukan operasi pengurangan pecahan berpenyebut sama. Cara untuk mengurangkan dua pecahan yang sama penyebutnya adalah dengan mengurangkan pembilangnya saja.

Mengapa? Perhatikan contoh berikut!

Pembelajaran 1 Tema 5 Subtema 4 Cuaca, Musim, dan Iklim Kelas 3

Untuk mengurangkan pecahan dengan penyebut sama, kita hanya perlu mengurangkan pembilangnya, sedangkan penyebutnya tetap.

Jadi, jika kita mengurangi pecahan berpenyebut sama, maka penyelesaiannya adalah sebagai berikut:

a. 5/6 – 4/6 = 5 – 4/6
= 1/6

b. 9/15 – 5/15 = 9 – 5/15
= 4/15

Dapatkah kamu melakukan operasi pengurangan pecahan dengan penyebut sama?

Ayo Berlatih!

Kerjakanlah latihan operasi pengurangan pecahan berpenyebut sama berikut ini!

Jawaban:

Kerjakanlah Latihan Operasi Pengurangan Pecahan Berpenyebut Sama

Ayo Berkreasi!

Karya dengan Teknik Menempel dan Menjahit

Edo sudah membagikan kain untuk membuat karya. Karya dengan kain ini termasuk seni rupa 3 dimensi. Ibu Edo menjelaskan bahwa seni rupa 3 dimensi ini bermacam-macam teknik membuatnya. Teknik yang digunakan oleh ibu Edo namanya teknik aplikasi. Teknik ini menggunakan teknik menempel dan menjahit.

Edo dan teman-teman sudah memegang potongan bagian kain masing-masing. Ibu Edo lalu mengajari cara menjahit potongan kain tersebut dengan teknik feston.

Langkah 1

  • Tempelkan dua potongan bagian kain yang bentuknya sama.
  • Perhatikan posisi jarum pada kain. Tusukkan jarum sesuai gambar.

Langkah 2

  • Menjahit feston ke seluruh pinggiran potongan kain.

Langkah 3

  • Menempel potongan bagian kain yang sudah dijahit ke ke kain utama. Untuk hari ini, Edo dan teman-teman menjahit dan menempel potongan kain yang berbentuk lingkaran dan sepertiga lingkaran.

Mereka akan melanjutkan karya ini sebelum Pak Tono datang ke rumah Edo. Perhatikan baik-baik cara membuat karya dengan teknik menempel dan menjahit ini.

Demikian pembahasan secara singkat kunci jawaban tema 5 kelas 3 SD/MI di buku tematik siswa halaman 184. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Kerjakan juga soal lain pada materi pembelajaran 1 subtema 4 Cuaca, Musim, dan Iklim. Terimakasih, selamat belajar!