Kesimpulan Sifat Benda Cair | Jawaban Soal Tema 3 Kelas 3 Halaman 90

Kesimpulan Sifat Benda Cair – Pembahasan kunci jawaban soal tema 3 kelas 3 SD/MI di buku paket tematik halaman 90. Tepatnya pada materi pembelajaran 4 subtema 2 Wujud Benda. Pembahasan soal kali ini merupakan lanjutan dari tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan tabel hasil pengamatan sifat benda cair.

Ayo Mencoba!

Melihat Benda Cair Lebih Dekat

Kesimpulan Sifat Benda Cair Jawaban Soal Tema 3 Kelas 3 Halaman 90

Seperti benda padat, benda cair juga banyak di sekitar kita. Sekitar 70% permukaan bumi tertutup oleh air laut. Tubuh manusia hampir 2/3 bagian merupakan cairan.

Air adalah benda cair yang sering ditemui. Sebutkan benda lainnya yang termasuk benda cair. Pernahkah kamu melihat air dalam gelas tumpah? Bagaimanakah bentuk air tersebut? Apakah bentuk air yang tumpah sama dengan air di dalam gelas?

Soal dan Pembahasan Jawabannya

Kamu telah melakukan percobaan. Dapatkah kamu menyimpulkan sifat benda cair?

Benda cair mempunyai sifat :

  • Berubah bentuknya sesuai wadah.
  • Volumenya tetap dan tidak berubah.
  • Gaya tarik antara molekulnya lebih lemah dari benda padat, tapi lebih besar dari pada benda gas.
  • Dapat mengalir.
  • Terdapat tekanan hidrostatik.

Benda cairmemiliki sifat gaya tarik antara molekulnya yang lebih lemah dari benda padat. Ketika benda cair ini dimasukkan ke suatu wadah, benda cair ini akan berubah bentuknya, namun volumenya akan tetap.

Misalnya, air yang dituang ke dalam gelas akan membentuk sesuai gelas, namun volumenya tetap. Benda cair dapat mengalir, akibat gaya gravitasi. Misalnya pada air yang mengalir melalui pipa.

Pada benda cair terdapat tekanan yang mempengaruhi titik di dalamnya, yang disebut dnegan tekanan hidrostatik.

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 3 kelas 3 halaman 90 tentang kesimpulan sifat benda cair. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Kerjakan juga soal lain pada materi pembelajaran 4 subtema 2 Wujud Benda. Terimakasih, selamat belajar!