3 Keterampilan Dasar yang Diperlukan dalam Permainan Engklek

Keterampilan Dasar yang Diperlukan dalam Permainan Engklek – Permainan tradisional merupakan salah satu bentuk keragaman budaya yang ada di Indonesia. Sebelumnya, kamu telah mengenal dan mempelajari permainan tradisional tersebut. Apakah kamu masih ingat cara memainkannya? Ceritakan apa yang kamu ketahui kepada teman satu kelompok.

Keterampilan Dasar yang Diperlukan dalam Permainan Engklek

TAHUKAH KAMU?

Permainan tradisional Engklek dapat dimainkan dengan beberapa cara yang berbeda? Permainan tradisional Engklek dikenal juga dengan istilah Angklek atau Ingkling. Permainan Engklek merupakan permainan berjalan atau melompat dengan menggunakan satu kaki pada bidang datar dengan peraturan yang disederhanakan dan disepakati oleh para pemainnya.

Permainan tradisional ini memiliki banyak variasi tergantung kesepakatan yang memainkannya. Berdasarkan penelitian, ditemukan 43 jenis permainan Engklek, namanya pun berbeda-beda di tiap daerah. Istilah Engklek yang biasa digunakan di daerah Jawa. Pola petak Engklek ada 11 macam. Yang biasa digunakan di Jawa jenis Engklek Ebrek dan Engklek Gunungan.

Bagaimana di tempat tinggalmu? Apakah kamu juga menemukan permainan sejenis Engklek? Disebut apakah permainan Englek di lingkungan tempat tinggalmu?

Sebelumnya kamu juga telah belajar keterampilan dasar yang diperlukan dalam permainan Engklek. Apa saja keterampilan dasar tersebut? Diskusikan secara berpasangan dan tuliskan hasilnya.

Jawaban contoh hasil diskusi :

Permainan Engklek memerlukan keterampilan lokomotor, yaitu kemampuan untuk melakukan gerakan anggota tubuh sehingga seluruh tubuh berpindah tempat. Keterampilan lokomotor sangat penting untuk mengukur kemampuan motorikmu.

Beberapa keterampilan lokomotor dasar yang perlu kamu kuasai adalah:

  1. Berjalan
  2. Berlari
  3. Melompat

Salah satu alat yang digunakan dalam permainan Engklek adalah Gacuk. Gacuk tersebut dilemparkan ke kotak-kotak tertentu pada kotak-kotak yang terdapat pada pola sesuai aturan bermain.

Cara Bermain Engklek

Pernahkan kamu bermain Engklek? Permainan ini adalah permainan tradisional yang sangat banyak dimainkan oleh anak-anak di Indonesia. Engklek merupakan permainan lompat pada bidang datar yang digambar di atas tanah. Permainan Engklek biasa dimainkan oleh dua sampai lima orang.

Berikut ini cara bermain engklek :

  1. Lompatlah dengan menggunakan satu kaki di setiap petak-petak yang telah digambar.
  2. Siapkanlah gacuk sebelum bermain.
  3. Lemparlah gacuk ke salah satu petak.
  4. Petak yang ada gacuk-nya tidak boleh diinjak/ditempati oleh setiap pemain.
  5. Lompatlah ke petak berikutnya dengan satu kaki mengelilingi petakpetak yang ada.
  6. Pilihlah sebuah petak yang dijadikan sawah setelah menyelesaikan satu putaran. Petak itu boleh diinjak dengan dua kaki. Pemain lain tidak boleh menginjak petak itu selama permainan.
  7. Pemain yang memiliki sawah yang paling banyak adalah pemenangnya.

Demikian pembahasan materi kelas 4 SD pada pembelajaran 6 tema 1 subtema 3 Bersyukur Atas Keberagaman. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Terimakasih, selamat belajar!