2 Kombinasi Gerak Lokomotor dan Manipulatif dalam Gerakan Menendang Bola

Kombinasi Gerak Lokomotor dan Manipulatif dalam Gerakan Menendang Bola – Pada permainan sepak bola, terdapat 3 gerakan kombinasi, yaitu menendang bola, menghentikan bola dan menggiring bola. Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara dan kombinasi menendang bola yang baik dan benar.

Menendang bola merupakan kombinasi gerak lokomotor dan manipulatif yang harus dikuasai pemain. Gerak lokomotor ditunjukkan saat berlari ke arah bola. Gerak manipulatif ditunjukkan saat menendang bola. Bagaimana kombinasi gerak lokomotor dan manipulatif dalam menendang bola?

Ada dua gerak kombinasi dalam menendang bola yang harus dikuasai pemain sepak bola, yaitu meliputi berlari dan mengoper bola, dan berlari dan menendang bola ke arah gawang. Berikut ini penjelasannya.

1. Berlari dan Mengoper Bola

Dibawah ini menunjukkan gerakan berlari dan mengoper bola atau disebut passing. Passing dilakukan untuk mengoper bola ke arah teman satu regu. Gerak mengoper harus dikuasai dengan baik oleh pemain agar pola permainan yang diinginkan dapat diterapkan.

Kombinasi Gerak Lokomotor dan Manipulatif dalam Gerakan Menendang Bola

Dilakukan baik dalam menyerang maupun bertahan. Saat mengoper, tenaga yang dikeluarkan disesuaikan dengan jarak teman yang akan menerima bola.

2. Berlari dan Menendang Bola ke Arah Gawang

Menendang bola ke arah gawang lawan disebut shooting. Bagian kaki yang mengenai bola saat menendang ialah punggung kaki. Selain punggung kaki, kaki bagian dalam dapat digunakan untuk menendang bola ke arah gawang.

Saat menendang bola dengan punggung kaki, badan agak condong ke depan. Gerakan tangan juga diperlukan untuk menjaga keseimbangan tubuh. Gerakan ini juga diikuti dengan berlari atau berpindah tempat.

Ayo lakukan!

Kombinasikan gerak lokomotor dan manipulatif, yaitu berlari dan menendang bola bersama tiga orang temanmu. Bagilah kelompok menjadi dua, masing-masing terdiri atas dua orang.

Kelompok A berdiri berhadapan dengan kelompok B. Atur jarak sekira 5 meter atau sesuaikan dengan kemampuan. Pemain 1A menendang bola ke arah pemain 1B, kemudian diikuti gerakan berlari ke arah kelompok B.

Pemain 1B menghentikan bola, kemudian menendang bola ke arah pemain 2A. Selanjutnya, pemain 1B berlari ke arah kelompok A. Lakukan kombinasi gerak ini secara berulang-ulang.

Nah itulah penjelasan mengenai kombinasi gerak lokomotor dan manipulatif dalam gerakan menendang bola. Selanjutnya : Kombinasi Gerak Menghentikan Bola

One Comment