2 Kombinasi Gerak Lokomotor dan Manipulatif dalam Gerakan Menggiring Bola

Kombinasi Gerak Lokomotor dan Manipulatif dalam Gerakan Menggiring Bola – Pada permainan sepak bola, terdapat 3 gerakan kombinasi, yaitu menendang bola, menghentikan bola dan menggiring bola. Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara dan kombinasi menggiring bola yang baik dan benar.

Gerakan berlari dan menggiring bola merupakan kombinasi gerak lokomotor dan manipulatif. Gerak menggiring bola dilakukan untuk membawa bola melewati lawan menuju ke daerah pertahanan lawan.

Gerakan dilakukan dengan berlari sambil mendorong bola secara pelan. Bagian kaki manakah yang digunakan saat menggiring bola? Setidaknya, ada dua cara menggiring bola, yaitu menggunakan kaki bagian dalam dan punggung kaki.

1. Berlari dan Menggiring Bola dengan Kaki Bagian Dalam

Gerakan menggiring bola dengan kaki bagian dalam dapat dikombinasikan dengan berlari (gerak lokomotor). Berlarilah sambil menggiring bola dengan kaki bagian dalam.

Kombinasi Gerak Lokomotor dan Manipulatif dalam Gerakan Menggiring Bola

Menggiring bola dengan kaki bagian dalam membuat bola bergulir sesuai arah dan lintasan yang diinginkan. Dalam melakukan gerakan ini, kamu harus memperhatikan pergerakan bola.

Menggiring bola dengan kaki bagian dalam biasanya dilakukan dengan lambat. Menggiring bola dengan kecepatan lambat dilakukan untuk mengontrol tempo permainan.

2. Berlari dan Menggiring Bola dengan Punggung Kaki

Menggiring bola dengan punggung kaki biasanya dilakukan dengan gerakan yang cepat. Gerak dilakukan untuk membawa bola secepat mungkin ke daerah lawan. Berlari sambil menggiring bola menunjukkan kombinasi gerak lokomotor dan gerak manipulatif.

Praktikkan kombinasi gerak lokomotor dan gerak manipulatif melalui gerakan berlari, menggiring bola, menghentikan bola, dan menendang bola. Lakukan kegiatan ini bersama temanmu. Bentuklah empat kelompok, misalnya kelompok I, II, III, dan IV.

Setiap kelompok berdiri di garis A. Anggota kelompok, misalnya kelompok I urutan pertama, berlari menggiring bola dari garis A ke garis B sejauh 10 meter. Saat sampai di garis B, anggota kelompok I menghentikan bola, kemudian menendang bola ke anggota urutan kedua kelompok I.

Setelah menendang bola, anggota pertama berlari ke belakang barisan kelompoknya. Cara yang sama untuk kelompok II, III, dan IV. Lakukan bergantian dengan teman-temanmu secara semangat dan percaya diri. Buatlah penilaian dan komunikasikan kepada gurumu.

Nah itulah penjelasan materi tentang Kombinasi Gerak Lokomotor dan Manipulatif dalam Gerakan Menggiring Bola. Baca juga : Kombinasi Menendang Bola dan Kombinasi Menghentikan Bola.

One Comment