Kombinasi Gerak Nonlokomotor dan Manipulatif dalam Gerakan Passing Bawah

Kombinasi Gerak Nonlokomotor dan Manipulatif dalam Gerakan Passing Bawah – Pada permainan bola voli, salah satu gerak dasar yang harus dikuasai pemain ialah mengoper bola (passing). Gerak passing dapat dilakukan tanpa berpindah tempat.

Gerak passing tanpa berpindah tempat dilakukan dengan mengombinasikan gerak nonlokomotor dan manipulatif. Gerak passing juga dapat dilakukan dengan berpindah tempat. Berikut ini penjelasan kombinasi gerak pasing bawah!

Kombinasi Gerak Nonlokomotor dan Manipulatif dalam Gerakan Passing Bawah

Kombinasi Gerak Nonlokomotor dan Manipulatif dalam Gerakan Passing Bawah

Gerakan passing bawah merupakan bentuk pukulan bola menggunakan lengan bawah untuk memantulkan bola. Saat melakukan passing bawah, kamu harus meluruskan kedua siku di depan badan dan dirapatkan, agar bola memantul sempurna.

Posisi badan sedikit membungkuk, pandangan mengarah ke bola. Passing bawah dilakukan jika bola datang agak rendah. Passing bawah bertujuan agar bola melambung dan memudahkan teman menerima atau memukul bola kembali.

Saat melakukan passing bawah, kamu harus memperkirakan kuatnya dorongan terhadap bola. Ketika bola datang dengan kecepatan tinggi, berikan dorongan yang tidak terlalu keras agar bola tidak melambung tinggi. Lakukan passing bawah secara mandiri.

Nah itulah bagaimana cara melakukan kombinasi gerak nonlokomotor dan manipulatif passing bawah dalam permainan bola voli. Selanjutnya : Cara Melakukan Passing Atas