Jawaban Komoditas Lain yang Diekspor Dari Indonesia ke Berbagai Negara di Lingkup ASEAN

Apakah kamu mengetahui komoditas lain yang diekspor dari Indonesia ke berbagai negara di lingkup ASEAN dan yang diimpor dari berbagai negara di lingkup ASEAN ke Indonesia, pembahasan kunci jawaban tema 5 kelas 6 halaman 63 64 65 69 70 71 74 tepatnya pada materi pembelajaran 1 subtema 2 Usaha di Sekitarku di buku tematik siswa sekolah dasar.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan dari tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal Sumber Daya dan Peralatan Apa Saja yang Digunakan dalam Usaha-usaha di Atas Jelaskan. Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Komoditas Lain yang Diekspor Dari Indonesia ke Berbagai Negara ASEAN

Kasongan Bantul Ekspor Gerabah Miliaran Rupiah per bulan

Kalangan perajin di sentra kerajinan gerabah dan keramik Desa Kasongan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mampu mengekspor berbagai macam kerajinan. Ekspor tersebut mencapai 80 kontainer perbulan atau setara dengan sekitar 6 miliar rupiah.

Berbagai kerajinan gerabah yang diekspor itu meliputi guci yang dibalut dengan kerang dan kaca, patung, hiasan luar ruangan dengan berbagai model, dan motif kembangannya.

Sentra kerajinan Kasongan memiliki ratusan perajin yang tersebar di lima pedusunan, dengan sekitar 200 perajin kualitas ekspor, termasuk lima perajin skala besar.

Pada periode 2008 sampai 2010 ekspor kerajinan memang cenderung turun, terutama ke Amerika dan Eropa, namun mulai 2011 dan setelahnya ekspor mulai meningkat bahkan mulai merambah ke Australia dan sebagian Asia.

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 6 Halaman 69

Apakah kamu mengetahui komoditas lain yang diekspor dari Indonesia ke berbagai negara di lingkup ASEAN?

Jawaban : Ada beberapa seperti batu bara, kelapa sawit, tembakau, kopi, karet, teh, kakao, dan tebu, perangkat elektronik, tekstil, kulit dan produk olahannya.

Apakah kamu juga mengetahui komoditas yang diimpor dari berbagai negara di lingkup ASEAN ke Indonesia?

Jawaban : Ada beberapa seperti minyak dan gas, garam dan gula, bawang putih, dan obat-obatan maupun peralatan kedokteran.

Ayo Membaca
Amati gambar pada halaman 69 dan 70 di atas. Apakah kamu bisa memprediksi yang akan terjadi jika benda-benda tersebut didekatkan ke magnet. Tuliskan prediksimu pada tabel berikut.

Jawaban, buka disini: Apakah Kamu Bisa Memprediksi Jika Benda-benda Tersebut Didekatkan Ke Magnet

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 4 kelas 6 SD halaman 69 secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 1 subtema 2 Usaha di Sekitarku. Semoga bermanfaat!

2 Comments